LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI SMA PERGURUAN BUDDHIS KARAWACI TANGERANG

Adi Dharma Pramana Putra, I Ketut Damana, Suntoro Suntoro

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru berjalan dengan baik. Layanan ini memberikan pemahaman, pencegahan, perbaikan, dan pengembangan. Guru menggunakan Pancasila Buddhis sebagai referensi. Bimbingan dilaksanakan secara bertahap dan diberikan setiap hari kepada seluruh siswa baik bimbingan individu, kelompok, maupun karier. Fasilitas yang diberikan sekolah untuk melaksanakan layanan meliputi ruang bimbingan dan konseling, ruang guru, dan ruang kepala sekolah. (2) Kendala yang dialami guru dan siswa disebabkan oleh rasa kasihan dan tidak tega guru dalam memberikan sanksi. Ruang bimbingan yang tidak terawat sehingga tidak nyaman digunakan untuk bimbingan. (3) Respons siswa setelah menerima layanan yang dilakukan oleh guru sangat baik. Siswa merasa senang karena guru sangat ramah sehingga puas dengan layanan yang diberikan guru. Siswa dapat menyelesaikan masalahnya sendiri dan juga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki setelah mendapatkan bimbingan dari guru.

Full Text:

PDF, 1-11

References


Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media.

Nyanaponika & Bodhi. 2003. Petikan Aṅnguttara Nikāya 5. Terjemahan. Klaten: Vihara Bodhivamsa Dhammaguna.

Pranoto, W.H. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling oleh Guru Kelas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Prayitno & Amti, E. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2004). Managemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Widya, S. (2009). Dhammapada. Jakarta: Yayasan Abdi Dhamma Indonesia.

Wowor, C. dkk. (2001). Bahan Dasar Pendidikan Wawasan Kependidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Proyek Kementerian Agama Buddha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Psikoanalisis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.