PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA
Abstract
Penelitian merupakan penelitian survei korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh fraud diamond terhadap integritas akademik mahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan disproportionate stratified random sampling dari 132 populasi mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan angket fraud diamond yang terdiri atas 48 butir pernyataan dengan memuat dimensi tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) serta angket integritas yang terdiri atas 39 butir pernyataan dengan memuat dimensi kejujuran (honesty), kepercayaan (tirust), keadilan (fairness), rasa hormat (riespect), dan tanggung jawab (responsibility). Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing dimensi fraud diamond berpengaruh negatif terhadap integritas akademik. Demikian halnya secara simultan, dimensi fraud diamond berpengaruh terhadap integritas akademik mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 65,40%, sementara 34,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus di dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
1-12 PDFReferences
Abdullahi, Rabi‟u, Noorhayati Mansor, dan Muhammad Shahir Nuhu. 2015. “Fraud
Triangle Theory and Fraud Diamond Theory: Understanding the Convergent
and Divergent for Future Researchâ€. European Journal of Business and Management,
Volume 7, Nomor 28, h. 30-37.
Albrecht, W. Steve, et.al. 2012. Fraud Examination: Fourth Edition. USA: South Western
Cengage Learning.
Bolin, A.U. 2004. “Self-Control, Perceived Opportunity, and Attitudes as Predictors of
Academic Dishonestyâ€. The Journal of Psychology: Interdiciplinary and Applied,
Volume 138, Nomor 2, h. 101-114.
Budiman, Nita Andriyani. 2018. “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi
Fraud Diamond dan Gone Theoryâ€. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, Volume 11,
Nomor 1, h. 75-90.
Firmantyo, Tyas dan Asmadi Alsa. 2016. “Integritas Akademik dan Kecemasan
Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswaâ€. Psikohumaniora:
Jurnal Penelitian Psikologi, Volume 1, Nomor 1, h. 1-11.
Gallant, Tricia Bertram dan Patrick Drinan. 2008. “Toward A Model for Academic
Integrity Institutionalization: Informing Practice in Postsecondary
Educationâ€. The Canadian Journal of Higher Education, Volume 38, Nomor 2, h. 25-43.
Genereux, Randy L. dan Beverly A. McLeod. 1995.“Circumstances Surrounding
Cheating: A Questionnaire Study of College Studentsâ€. Research in Higher
Education, Volume 36, Nomor 6, h. 687-704.
Hughes, Julia M. Christensen dan Donald L. McCabe. 2006. “Academic Misconduct
within Higher Education in Canadaâ€. Canadian Journal of Higher Education, Volume
, Nomor 2, h. 1-21.
Jacob, David C. 2004. “A Pragmatist Approach to Integrity in Business Ethicsâ€. Journal
of Management Inquiry, Volume 13, Nomor 3, h. 215-223.
Jahja, Adi Susilo. 2007. “Integritas Akademik dalam Membangun SDM Profesional di
Perguruan Tinggi: Kasus Academic Dishonesty STIE Perbanasâ€. Jurnal Ilmu
Pendidikan, Volume 11, Nomor 1, h. 46-61.
Jiang, Hai, Lynne Emmerton, dan Leigh McKauge. 2013. “Academic Integrity and
Plagiarism: A Review of The Influences and Risk Situations for Health
Studentâ€. Higher Education Research and Development, Volume 32, Nomor 3, h. 369-
Kwong, Theresa, et.al. 2010. “Students‟ and Faculty‟s Perception of Academic Integrity
in Hong Kongâ€. Campus-Wide Information Systems, Volume 27, Nomor 5, h. 341-355.
Manoppo, Yance dan Djemari Mardapi. 2014. “Analisis Metode Cheating pada Tes
Berskala Besarâ€. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor 1, h. 115-
McCabe, Donald L., Linda Klebe Trevino, dan Kenneth D. Butterfield. 1999. “Academic
Integrity in Honor Code and Non-Honor Code Environmentsâ€. The Journal of
Higher Education, Volume 70, Nomor 2, h. 211-234.
Murdiansyah, Isnan, Made Sudarma, dan Nurkholis. 2017. “Pengaruh Dimensi Fraud
Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris pada
Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya)â€. Jurnal Akuntansi
Aktual, Volume 4, Nomor 2, h.121-133.
Nursani, Rahmalia. 2014. “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud
Diamondâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya,
Volume 2, Nomor 2, h. 1-21.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories An Educational Persepective (Teori-Teori
Pembelajaran: Persepektif Pendidikan) Edisi keenam. Terjemahan Eva Hamdiah dan
Rahmat Fajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sierra, Jeremy J dan Michael R. Hyman. 2008. “Ethical Antecedents of Cheating
Intentions: Evidence of Mediationâ€. Journal of Academic Ethics, Volume 6, Nomor 1,
h. 51-66.
The International Center for Academic Integrity. 2014. The Fundamental Values of
Academic Integrity (Second Edition). South Carolina: Clemson University.
Wolfe, David. T dan Dana R. Hermanson. 2004. “The Fraud Diamond: Considering the
Four Elements of Fraudâ€. The CPA Journal, Desember, h. 38-42.
DOI: https://doi.org/10.69835/sati.v10i1.187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: