Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah kurangnya jumlah pengusaha yang tersedia di Indonesia saat ini. Salah satu indikasi dari kurangnya jumlah pengusaha muda adalah minimnya motivasi di kalangan mahasiswa yang berkeinginan menjadi pengusaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mahasiswa mendapatkan motivasi untuk mencoba kewirausahaan melalui media film bertema kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 8 responden. Penelitian bertujuan untuk memotivasi mahasiswa menjadi pengusaha melalui media film bertema kewirausahaan, dilaksanakan di Universitas XYZ, Cikarang, dari Februari hingga September 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara oleh peneliti. Validitas instrumen penelitian diuji dengan observasi berkelanjutan dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman mahasiswa tentang kewirausahaan sebelum mengikuti kursus kewirausahaan masih belum optimal; 2) Terjadi peningkatan pengetahuan kewirausahaan setelah mengikuti kursus kewirausahaan; 3) Media yang digunakan untuk memperluas wawasan kewirausahaan sangat beragam; 4) Film bertema kewirausahaan efektif sebagai media untuk memotivasi mahasiswa menjadi pengusaha.
Keywords
media, film, kewirausahaan, motivasi, berwirausaha
References
Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosional dan spiritual. Arga.
Ahmadi, K., & Amri, S. Mengembangkan pembelajaran IPS terpadu. Prestasi Pustaka.
Alma, B. (2016). Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum. Alfabeta.
Suherman, E. (2001). Desain pembelajaran kewirausahaan. Alfabeta.
Harmaizar, Z. (2017). Menangkap peluang usaha edisi 2. Amazon.
Uno, H. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Bumi Aksara.
Hasibuan, H. M. S. P. (2007). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalitas guru. Grafindo Persada.
Sayu, K. S. (2017). Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.
Suryana. (2010). Kewirausahaan pedoman praktis: Kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.
Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. UNY Press.
Williamson. (2003). Kepemimpinan dan manajemen. Rineka Cipta.