Transformasi Pendidikan Tinggi Agama Buddha Dalam Meningkatkan Mutu Untuk Menghadapi Persaingan Global

Sigit Budiyanto, Aryanto Firnadi

Abstract


Kualitas pendidikan merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas lulusan tentunya dimulai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang tersedia di lembaga pendidikan itu sendiri. Lembaga pendidikan, dalam hal ini Perguruan Tinggi Buddha, perlu menyadari persaingan global saat ini dan memanfaatkan peluang untuk terus meningkatkan sistem agar mampu menghadapi tantangan dan persaingan secara global. Persaingan global memiliki dampak signifikan terhadap perubahan, terutama pada perubahan perilaku individu. Oleh karena itu, perguruan tinggi Buddha memiliki peran dalam mewujudkan masyarakat masa depan yang berbasis ilmu pengetahuan. Sehubungan dengan perubahan global dan memperhatikan siklus eksistensi perguruan tinggi Buddha, perlu terus berupaya untuk mentransformasi diri agar kondusif terhadap keberadaan dan memiliki peran yang berkelanjutan serta mampu memenuhi kepuasan pelanggan. Transformasi perguruan tinggi Buddha bergantung pada pengetahuan mengenai peluang, tujuan yang jelas, kinerja yang dapat diukur untuk melihat kemajuan, serta ketersediaan komunikasi dan perhatian terhadap kualitas sumber daya manusia, yang semuanya harus berfokus pada kebutuhan pelanggan.

Keywords


transformasi, pendidikan, persaingan, global

Full Text:

PDF 91-100

References


Lewis, C., & Takahashi, A. (2013). Facilitating curriculum reforms through lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 207-217. Diakses dari http://www.e-resources.perpusnas.go.id pada 13 Oktober 2016.

Oakland, J. S. (2003). Total quality management. Butterworth-Heinemann.

PDDikti. (2016). Rekap jumlah mahasiswa. Diakses dari http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa/homerekap/RDExM0JGQTUtMkIxQy0NUMyLUI0ODYtNEFFQ0UyOUVBMUY4/1 pada 20 Oktober 2016.

Sallis, E. (2011). Total quality management in education. IRCiSod.

Suharsaputra, U. (2015). Manajemen pendidikan perguruan tinggi. Relika Aditama.

The European Consortium for Accreditation (ECA). (2005). Accreditation in the European Higher Education Area. Diakses dari http://ecahe.eu/w/images/9/91/Eca-position-paper-bergen-2005.pdf pada 20 Oktober 2016.

Tilaar, H. A. R. (2008). Manajemen pendidikan nasional. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v7i2.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.