Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Buddha Terhadap Pelayanan Teknologi dan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kepuasan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Buddha (Prodi PAB) terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) di Tangerang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang. Penelitian juga bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi PAB pada PTKB di Tangerang yang berjumlah 86 orang. Objek penelitian adalah kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan dengan teknik nontes menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian yaitu pada Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten (STABN Sriwijaya) dan Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Dharma Widya. Kuesioner menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala Likert. Teknik analisis data dengan teknik statistik deskriptif menggunakan nilai rata-rata (mean) dan standar deviasi. Hasil penelitian menyatakan kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang sebesar 77,28%. Interpretasi yang didapat dengan mencari interval skor persen berdasarkan skala Likert menyatakan 77,28% termasuk dalam kategori sangat puas. Tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 14,00% dalam kategori tinggi, 79,00% kategori sedang, dan 7,00% dalam kategori rendah. Tingkat kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang untuk dimensi tangible sebesar 79,51%, dimensi reliability sebesar 76,82%, dimensi responsiveness sebesar 77,17%, dimensi assurance 77,42%, dan untuk dimensi emphaty sebesar 75,56%.

Keywords


Kepuasan Mahasiswa, PTKB

Full Text:

24-33 PDF

References


Abdullah, Sukirno, Annisa, dkk. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, II(I).

Ekowiswoyo, Rasdi. (2015). Mutu Layanan dan Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1).

Ganesh, R. dan Haslinda, A. (2014). Evolution and Conceptual Development of Service Quality in Service Marketing and Customer Satisfaction. International Review of Management and Business Researc, 3(2).

Heriyanto. (2016). PEST Analysis Sebagai Strategi Peningkatan Pelayanan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha. Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Heriyanto. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Jurnal Vijjacariya, Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Heriyanto. (2018). Strategi Digital Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Indonesia. Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Indrajit & Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. n.p. n.d. Print.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2017). Survei Penggunaan TIK Tahun 2017. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik dan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Khodayari, F., & Khodayari, B. (2011). Service Quality in Higher Education. Interdisciplinary Journal of Research in business, 1(3), h. 8-46.

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Keller. (2012). Marketing Management 14th. New York: Prentice Hall.

Larasati, Citra. (2018). Kesenjangan Digital di Indonesia Masih Tinggi. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0Kvq9nok-kesenjangan-digital-di-indonesia-masih-tinggi (diakses 12 Februari 2019).

Laudon., Kenneth C, Laudon., Jane P. (2012). Management Information Systems: Managing The Digital Firm, 12th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Keagamaan Buddha.

Parasuraman, Zeithaml, Berry L. (1985). Problems and Strategies in Services Marketing. Jurnal of Marketing, Vol. 49. (Spring).

Rahmawati, Diana. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang mepengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1).

Romney, Marshal R. & Paul John Steinbart. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinambela, P.L. (2010). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (edisi II). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi II. Yogyakarta: Andi.

Turban, E., Rainner R.K., & Potter, Richard E. (2010). Introduction to Information Technology. 3rd Edition. USA: Wiley.

Ward, John & Joe Peppard. (2002). Strategic Planning For Information System, 2th ed. John England: Wiley & Sons.

Ward, John. & Joe Peppard. (2002). Strategic Planning for Information System 3nd ed. England: John Wiley & Sons.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats