Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Materi Candi Buddha Di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Bagi Siswa Kelas Iv Sd Kecil Hampang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Budhi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru mengajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar materi candi Buddha di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan yang berjumlah enam orang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data kualitatif deskriptif berupa observasi guru mengajar, aktivitas siswa belajar, dan nilai hasil belajar siswa. Data digali dari hasil tes masing-masing pertemuan dengan format penilaian. Analisis hasil tes menggunakan indikator ketuntasan belajar berupa nilai KKM Pendidikan Agama Buddha (PAB) Kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan, yaitu 80% siswa memperoleh nilai 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kegiatan guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar, dan hasil belajar materi candi Buddha di Indonesia kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan. Peningkatan tersebut terlihat pada pertemuan ke-2 pada siklus II masing-masing variabel berupa kegiatan guru mengajar mencapai nilai 84 dan hasil rata-rata hasil belajar secara klasikal mencapai nilai 92,5 berada di atas nilai rata-rata ketuntasan pembelajaran PAB di kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam mengajarkan candi Buddha di Indonesia.


Keywords


Candi Buddha di Indonesia, Model Pembelajaran Picture and Picture

Full Text:

35-41 PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2007). Pedoman Pemilihan Bahan Ajar. Depdiknas, Dirjendikdasmen. Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Depdiknas. (2005). Kurikulum 2006 Standar Kompetensi SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Enjah Takari R. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Genesindo.

Hamalik, Oemar. (2001). Kururikulum dan Pembelajaran, Edisi 1, Cetakan Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudoyo, Herman. (1990). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Purwanto, Ngalim, M. (2006). Psikologi Pendidikan, cetakan kedua puluh satu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi. (Online). (http://id. wikipedia.org/wiki/ilmu_alam/. diakses, 12 Maret 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats