PEMBENTUKAN PRODI BARU PADA STAB DALAM RANGKA MENJAWAB PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA ABAD 21 GENERASI MILENIAL ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Jo Priastana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan program studi baru dalam bidang
Buddhist Studies bagi berperannya Perguruan Tinggi Agama Buddha (PTAB)
di Indonesia dalam rangka menjawab kebutuhan tuntutan jaman akan tenaga
profesional yang terdidik dan terlatih serta bersifat akademik-humanis bagi
generasi milineal di era revolusi Industri 4.0. Penelitian yang dilakukan
bersifat kualitatif-deskriptif dengan metode observasi dan kepustakaan.
Observasi dilakukan terhadap topik-topik makalah seminar internasional
yang melibatkan kajian Buddha dharma yang berhubungan dengan berbagai
rumpun ilmu pengertahuan. Metode kepustakaan berkenan dengan Buddhist
Studies dan filsafat ilmu yang mengkaji dimensi ontologi, epistemology, dan
aksiologi illmu pengetahuan dan hubungannya dengan Buddha dharma. Hasil
penelitian ini memunculkan enam prodi yaitu: (1) Filsafat Buddha, (2)
Dharmaduta dan Teknologi Informatika, (3) Psikologi Buddha, (4) Sejarah dan
Budaya Buddha, (5) Kesejahteraan Sosial Buddha, dan (6) Ekologi dan
Ekonomi Buddha.


Keywords


Generasi Milenial, Revolusi Industri 4.0. Buddhist Studies, Rumpun Ilmu Pengetahuan

Full Text:

(1-20) PDF

References


ABC III. (2008). (Indonesia), “Asian Buddhism Connection” Konferensi Internasional ke-3 Agama Buddha, Perempuan dan Pendidikan, Jakarta,

Indonesia September 15-17, 2018.

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen. (1986). Pengantar Filsafat Ilmu.Yogyakarta: Tiara Wacana.Buddhism in Contemporary World: Challenge and Opportunities, 4th International

Conference Association of Theravada Buddhist Universities (IATBU),Java, Indonesia. BE 2560/CE 2016.Buddhist Approach to Economic Crisis, UNDV Conference Volume, The Internatiomnal Buddhist Conference on the United Nations Day of Vesak Celebrations, 4-6 May 2552/2009, Thailand.Buddhist Approach to Environmental Crisis, UNDV Conference Volume, The Internatiomnal Buddhist Conference on the United Nations Day of

Vesak Celebrations, 4-6 May 2552/2009, Thailand. Buddhist Approach to Political Conflict and Peace Developemnt, UNDV Conference Volume, The Internatiomnal Buddhist Conference on the United Nations Day of Vesak Celebrations, 4-6 May 2552/2009, Thailand.

Butr-Indr, S. (1995). The Social Philosophy of Buddhism. Thailand-Bangkok:Mahamakut Buddhist University.

Conference Volume, “TheravadaBuddhism: Origin, IdentityandDevelopment”,Papers presented at the 2nd Conference of the Association of Theravada

Buddhist Universities 4-8 March 2009/2552 at Sitagu International Buddhist Academy, Sagaing, Myanmar.

Conze, E. (1959). Buddhism: Its Essence and Development. New York. Conze, E. (1962). Short History of Buddhism. New York.

Eliade, M. (1987). The Encyclopedia of Religion, Volume 2, New York: Mac.Millan Publishing Company.

Engaged Budhism and Development, Workshop 3, “The Fifth International Buddhist Conference On the United Nations Day of Vesak 2008, At the

National Convention Centre, Ha Noi, Viet Nam 1-17 May, 2008, BE, 2552, Culture and Information Press, Hanoi Vietnam Buddhist University, 2008.

Hadiwijono, H. (1985). Sari Sejarah Filsafat Barat 1. Yogyakarta: Kanisius. Hattaway, P. (2004). Peoples of The Buddhist World, Singapore: Piquant Editions.

Jones, K. (2003). “The New Social Face of Buddhism: A Call to Action., Boston: Wisdom Publications.

Journal of International Buddhist Studies (JIBS), Buddhist Research Institute, Mahachulalongkornrajavidyalaya University Thailand, Vol 2–December 20010/2553

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994. Jakarta: Balai Pustaka.

Lanur, A (penyunting). (1993). Hakikat Pengetahuan dan Cara Kerja Ilmu-Ilmu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Loy. David R. (2015). A New Buddhist Path: Enlightenment Evolution and Ethics in the Modern World. USA: Wisdom Publications.

Priastana, J. (2000). Buddhadharma Kontekstual. Jakarta: Yasodhara Puteri.

Priastana, J. (2016). Filsafat Buddha. Jakarta: Jakarta: Yasodhara Puteri.

Priastana, J. (2017). Cakrawala Peradaban: Buddhadharma dan IPTEK. Jakarta:Yasodhara Puteri.

Religious Tolenrance, The 1st Interfaith Dialogue on Religoius Tolerance, 24-29 September 2014, Mahachulalongkornvidyalaya University, Thailand.

Ricard, M. (2015). Altruism: The Power of Compassion to Change Yourself and the World. London: Atlantic Books. Santoso, S.I. (1977). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Obor. Schumacher. (1980). Kecil Itu Indah. Jakarta; LP3ES.

Septianingrum, A. (2017). Sejarah Peradaban Kuno Empat Benua. Bantul: Sosiality. Sivaraksa, S. (2012). Conflict, Culture, Change: Enganged Buddhism in a

Clobalizing World. Bangkok: Suksit Siam.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta:Kanisius.

Suriasumantri, J.S. (1984). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.

Symposium Volume, “Buddhism & Ethics”. Academic papers presented at the IABU Conference on Buddhism and Ethics held in conjunction with the1st

IABU Summit at Mahachulalongkornrajavidyalaya University Main Campus Wang Noi, Ayutthaya, Thailand 13-15 September 2008/2551.

Takakusu, J. (1978). The Essential of Buddist Philosophy. Delhi: Motilal Barnasidas, Delhi.

Taniputera, I. (2003). Sains Modern dan Buddhisme. Karaniya.

The Journal of the International Asociation of Buddhist Universities, (JIABU).Vol 1–2008, Mahachulalongkornrajavidyalaya University Thailand.

Tilaar, H.A.R. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Kompas.

Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM. (1996). Filsafat Ilmu.Yogyakarta: Liberty.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Verhaak, C. & Imam, R. Haryono Imam. (1995). Filsafat Ilmu Pengetahuan.Jakarta: Gramedia.

Victor Sogen Hori, Richard P. Hayes and J, Mark Shileds. (ed.) (2002).“Teaching Buddhism in the West: From the Wheel to the Web”. London: RoutledeCurzon.

Webster‟s New Millenium Dictionary of English, Preview Edition (2008)

Wikipedia, tentang Buddhology dan Buddhist Studies.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats