Strategi Sosialisasi Remaja dalam Komitmen Berorganisasi Sekolah Minggu Buddha di Kecamatan Susukan

Tri Yatno Tri Yatno

Abstract


Penelidan ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya proses sosialisasi remaja Buddhis di Kecamatan Susukan dan untuk menganalisis strategi pelaksanaan sosialisasi remaja Buddhis terhadap komitmen berorganisasi di Kecamatan Susukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Akan umma memakai fenomenologi sebagal pendekatan karena adanya sesuatu keunikan dari tingkat kemampuan sosialisasi bagi remaja Sekolah Minggu Buddha di Kecamatan Susukan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan tzianggulasi. Hail dari penelitian ini adalah: proses sosialisasi terjadl karena adanya partisipasi remaja mengikuti organisasi, adanya kebutuhan dalam mengembangkan agama Buddha, dan adanya agen organisasi sebagai wadah berkomunikasi. Strategi pelaksanaan sosialisasi remaja Buddhis dalam komitinen berorganisasi di Kecamatan Susukan terbagi menjadi dua macam, yekni strategi bag' remaja yang mudah bersosialisasi dan remaja yang susah bersosialisasi dalam hal komitmen pada tugasikewanban, komitmen rasa mernilild, komitmen regencrasi, komitmen memelihara umat, komitmen beke4a keras mempertahankan dan mengembangkan Agama Buddha, dan komitmen menanamkan kcyakinan.


Keywords


sosialisasi, organisasi, agama Buddha

Full Text:

39-51 PDF

References


Basrun, M. Chairul. (2016). Marginalisasi Sosial Ekonomi Buruh Tani Akibat Alih Fungsi Lahan Pertanian di Desa Nyanza. Tesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Liman, Iaka, & Armayali Leta. (2013). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja. Jurnal Al-Nafs, Volume 8, No. 2, Tahun 2013.

Camanto Sunarto. (2000). Pengantar Sosiologi (Edisi Kedua). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Liliweri, Alo. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bunda Aksara.

Lukmana, Belva Hendry & Wiratsasongko, Bambang. Hubungan Antara Dukungan Kelompok Sosial dengan Perilaku Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015. Jurnal Sosiologi DILEMMA, Vol. 32, No. 1, Tahun 2017. ISSN: 0215/9635. Published by Lab Sosio, Sosiologi, FISIP, UNS.

Paramitasari, Radhitia & Alfian, Mum Nur. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memakai pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Vol. 1, No. 2, Juni 2012.

Panvita, Gde Bayu Surya. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Disiplin Kerja (Studi Pada Dosen Yayasan Universitas Mahasaraswad Denpasar). Tesis, Universitas Udayana Denpasar.

Puspitawati, Ni Made Dwi. (2013). Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi: Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Hotel Bali Hyatt Sanur. Tesis, Universitas Udayana Denpasar.

Purnama, Ita. (2017). Pengaruh Keadilan Organisasi Dan Ketidakamanan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi (Pada Karyawan CV. XX di Desa Bakungan, Kabupaten Kutai Kartanegara). Psikoborneo, Volume 5, Nomor 1, 2017, hlm. 184-193.

Soekanto, Soerjono. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tobing, Diana Sulianti K. L. (2009). Pengaruh Komitmen Organisational dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats