Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleran Di Masyarakat

Muawanah Muawanah

Abstract


Tujuan dari penerapan pendidikan untuk menanamkan toleransi dalam masyarakat adalah untuk membentuk warga negara yang dapat mewujudkan peradaban bersama dalam kehidupan bangsa dan negara, serta mampu menciptakan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menanamkan sikap toleransi. Upaya pendidikan untuk menanamkan sikap toleran dalam masyarakat melalui: 1) pendidikan multikultural dan karakter; 2) pendidikan dengan wawasan nasional; dan 3) manajemen pendidikan profesional. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif berbasis studi pustaka. Diharapkan dengan pendidikan ini, masyarakat dapat menghormati keragaman dan menghilangkan rasa curiga dan diskriminasi sehingga terciptanya masyarakat yang toleran.


Keywords


Pendidikan, Toleransi, Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dewantara, Ki Hadjar. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Hasyim, Limas. (1979). Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Surabaya: Bina Ilmu.

Hidayat, H. Syarif. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Ihsan, A. Bakir. (2009). Menebar Toleransi Menyemai Harmoni (SBY dalam Wacana Perdamaian, Moderatisme, dan Keadilan). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Inuon, Ali. (2013). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali. (2012). Kebijakan Pendidikan di Indonesia Proses, Produk, dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamisa. (Kamus Besar Bahasa Indonesia - Edisi Terbaru). Surabaya: CV. Cahaya Agency.

Kementerian Agama RI. (2016). Toleransi Beragama di Daerah Rawan Konflik. Jakarta: Badan Litbang dan Diktat Puslitbang Kehidupan Beragama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia - Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Munawir, Ahmad Warson. (Kamus Arab Indonesia al-Munawir). Yogyakarta: Balai Pustaka Progresif.

Poerwadarminto. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sonhadji, A. (2012). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban. Malang: UM PRESS.

Sarwono, Sarlito W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Umi Septia. (2017). Pentingnya Pendidikan untuk Menanamkan Sikap Toleran pada Masyarakat. Diakses 17 November 2017, dari http://health.liputan6.com/read/3146813/pentingnya-pendidikan-untuk-tanamkan-sikap-toleran-di-masyarakat

Wahid, K.H. Abdurrahman dan Daisaku Ikeda. (2010). Dialog Peradaban Untuk Toleransi dan Perdamaian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yaqin, M. Ainul. (2005). Pendidikan Multikultural (Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan). Yogyakarta: Pilar Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats