Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Buddha dengan Model Intensive Class (Study di Sekolah Minggu Buddha Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya)

Sugianto Sugianto

Abstract


Pengurus Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya menyelenggarakan sekolah Minggu Buddha dengan model intensitas tinggi. Kelas ini diselenggarakan karena masih banyak anak yang tidak mendapatkan Pendidikan Agama Buddha di sekolah formal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan area yang dikelola oleh pengurus dalam menyelenggarakan pendidikan keagamaan Buddha di sekolah Minggu Buddha Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya dengan model intensitas tinggi. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan mulai bulan Agustus hingga Desember 2015. Narasumber terdiri dari pengurus, guru, dan siswa sekolah Minggu Buddha. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian dapat disimpulkan: proses pengelolaan pendidikan keagamaan Buddha dengan model intensitas tinggi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dalam berbagai bidang, termasuk pembelajaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta pembiayaan.


Keywords


Pengelolaan, Pendidikan Keagamaan Buddha, intensive Class

Full Text:

47-57 PDF

References


Bose, D. Chandra. (2012). The Principles of Management and Administration. Delhi: PHI Learning Private Limited.

Bush, Tony. (2006). Theories of Educational Leadership and Management, 3rd edition. New Delhi: SAGE Publications Pvt. Ltd.

Davies, T. W. Rhys. (2009). The Role Test in Smarter Assessment Theory and Practice. Dharnsa.org.

Kung, Chin. Tanpa Tahun. Buddhism and Education: A Perspective from Buddha Mantra Sauci Association Inc.

Mansor, Liyah. (2011). Pendidikan Nasional: Dimensi Aktualitas dan Harapan Masa Depan.

Peraturan Menteri Agama tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats