Konstruksi Teknologi Jejaring Sosial Dalam Peningkatan Akses Informasi Rumah Ibadah

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Tujuan kajian adalah mendeskripsikan bagaimana konstruksi teknologi jejaring sosial dalam peningkatan akses informasi rumah ibadah. Data-data dikumpulkan melalui berbagai pustaka, seperti buku-buku dan sumber referensi lain baik primer dan skunder. Untuk selanjutanya metode analisis yang digunakan adalah konten analisis, dengan penjabaran secara deskriptif dan menarasikan kembali. Hasil kajian mendeskripsikan teknologi jejaring sosial seperti facebook dan twitter serta segala fasilitas yang dimiliki dapat digunakan untuk mempermudah akses informasi keluar dan kedalam rumah ibadah. Vihara dan Cetiya dapat menggunakan berbagai fasilitas yang ada pada facebook dan twitter untuk mengatasi permasalahan akses informasi. Status, komentar, notes, does, share, chatting, iklan, promosi, lokasi, event, messenger, follower, following, mentions, dan haslitag dapat digunakan untuk melakukan sharing informasi dan mendapatkan informasi bagi Vihara dan Cetiya sehingga bermanfaat terhadap perkembangan dan kemajuan rumah ibadah keagamaan khusunya Vihara dan Cetiya.



Keywords


jejaring sosial, social networking, facebook, twitter, akses infonnasi

Full Text:

83-95 PDF

References


Firmansyah, A. (2010). Situs Jejaring Sosial Menggunakan Elgg. Makalah tidak diterbitkan. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, ITB. Bandung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (Tahun tidak diketahui). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta orang. Diakses dari http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita+satker#.U6U4ULEYtKO pada tanggal 12 Maret 2014.

Mann, B. L. (2008). Social Networking Website - A Concatenation of Impersonation, Denigration, Sexual Aggression, Solicitation, Cyber-Bullying, or Happy Slapping Videos. International Journal of Law and Technology Information, 17(3), 252-267. Oxford University Press.

Selamatta Sembiring. (2013). Pengguna Internet di Indonesia mencapai 63 Juta. Diakses dari http://ilcominfo.go.id/index.php/contentidetail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita+satker#.U6U4ULEYtKO pada tanggal 12 Maret 2014.

Twitter. (Tahun tidak diketahui). Tentang Twitter. Diakses dari https://about.twitter.com/id pada tanggal 11 Mei 2014.

Facebook. (Tahun tidak diketahui). Tentang Facebook. Diakses dari https://www.facebookscom/facebook/info pada tanggal 27 Mei 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats