Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif Siswa (Studi Kasus di Kelas IV Sekolah Dasar Ariya Metta Tahun Pelajaran 2014/2015 Neglasari Kota Tangerang)

Nani Linda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan afektif siswa yang mencakup aspek kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, kerjasama, sopan santun, responsif, dan proaktif pada penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas IV SD Ariya Metta Neglasari Kota Tangerang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV semester IV SD Ariya Metta Kota Tangerang Neglasari tahun pelajaran 2014/2015. Kegiatan pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilakukan tiga siklus setiap pertemuannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan afektif siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 64%, siklus II memperoleh persentase sebesar 72%, dan siklus III memperoleh persentase sebesar 93%. Hal ini terlihat pada setiap aspek kemampuan afektif siswa pada siklus I, yaitu aspek kejujuran 68%, disiplin 71%, tanggung jawab 60%, toleransi 50%, gotong royong 75%, kerjasama 75%, sopan santun 62%, responsif 80%, dan proaktif 35%. Pada siklus II, yaitu kejujuran 75%, disiplin 71%, tanggung jawab 72%, toleransi 75%, gotong royong 75%, kerjasama 75%, sopan santun 75%, responsif 70%, proaktif 64%. Pada siklus III, yaitu kejujuran 75%, disiplin 100%, tanggung jawab 95%, toleransi 96%, gotong royong 95%, kerjasama 95%, sopan santun 91%, responsif 95%, dan proaktif 96%.

Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), dapat meningkatkan kemampuan afektif belajar Pendidikan Agama Buddha siswa pada setiap siklusnya. Disarankan guru hendaknya menerapkan pendekatan inovatif seperti CTL dalam pembelajaran karena dapat membantu mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi nyata dan mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan kehidupan sehari-hari.


Keywords


kemampuan afektif siswa, penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Pendidikan Agama Buddha.

Full Text:

33-40 PDF

References


Budiningsih, Asri C. (2009). "Mengembangkan Nilai-Nilai Afektif Dalam Pembelajaran." Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Membangun Nilai-Nilai Kehidupan (Karakter) dalam Pendidikan di Fakultas Teknik UNY, Yogyakarta, 28 Juni.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Bahan Dasar Pendidikan Wawasan Kependidikan Guru Agama Buddha Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Keagamaan Guru Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djali, H. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardy, E. (1994). The Anggutara Nikaya Part III. Oxford: The Pali Text Society.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Norman, K. R. (2004). The Word Of The Doctrine (Dhammapada). Oxford: The Pali Text Society.

Panjika. (2004). Kamus Umum Buddha Dhamma Pali-Sansekerta-Indonesia. Jakarta: Tri Sattva Buddhist Centre.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taniredja, Tukiran, dkk. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tanpa Pengarang. (2005). Dhammapada Sabda-sabda Buddha Gautama. Jakarta: Dewi Kayana Abadi.

Udana: The Udana. (1995). Tr. John D. Ireland. Yogyakarta: Vidyasena.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats