Peranan Pendidikan Orangtua (Parenting Education) Dalam Menciptakan Keharmonisan Sekolah (Studi Deskriptif Kualitatif di SD Insan Teratai)

Fitria Septiani

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidikan orang tua dalam menciptakan harmoni di sekolah umum belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan orang tua dalam menciptakan harmoni di SD Insan Teratai Tangerang Banten. Penelitian kualitatif dilaksanakan dalam penelitian ini untuk mengungkap fenomena guna memperoleh pemahaman tentang data kualitatif. Data dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah, orang tua, guru, dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan orientasi observasi. Penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari langkah-langkah, pengumpulan data, reduksi data, hasil, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Model pendidikan orang tua di SD Insan Teratai dilakukan dalam beberapa model seperti ceramah, diskusi, kelompok, demonstrasi memasak, dan kunjungan ke rumah. Model ini cocok untuk aktivitas pendidikan orang tua agar lebih menarik. b) Respon orang tua terhadap aktivitas pendidikan orang tua di SD Insan Teratai sangat baik, aktif, dan antusias karena kegiatan ini memberikan pengetahuan dan wawasan tentang cara mendidik anak. c) Upaya untuk menciptakan sekolah yang harmonis di SD Insan Teratai melalui kegiatan pendidikan orang tua dengan menerapkan pendidikan orang tua secara rutin. Pendidikan di rumah harus sama dengan pendidikan di sekolah, sosialisasi yang baik antara sekolah dan orang tua, dan mengawasi kata-kata di sekolah. d) Hambatan dalam menciptakan harmoni di sekolah SD Insan Teratai adalah keterbatasan pendidikan orang tua, sosialisasi dengan pendatang baru, ketidakseragaman ego, orang tua yang tidak kooperatif sehingga menciptakan komunikasi yang buruk.

 


Keywords


Tindakan pendidikan orang tua, Harmoni sekolah.

Full Text:

19-28 PDF

References


McDonald, E.S. dan D. M. Hershman. 2011. Guru dan kelas cemerlang. Jakarta: PT Indeks

Sri Lestari. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Umar Husen. 2002. Riset Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats