PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA

Ahsanul Khair Asdar

Abstract


Penelitian merupakan penelitian survei korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh fraud diamond terhadap integritas akademik mahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan disproportionate stratified random sampling dari 132 populasi mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan angket fraud diamond yang terdiri atas 48 butir pernyataan dengan memuat dimensi tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) serta angket integritas yang terdiri atas 39 butir pernyataan dengan memuat dimensi kejujuran (honesty), kepercayaan (tirust), keadilan (fairness), rasa hormat (riespect), dan tanggung jawab (responsibility). Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing dimensi fraud diamond berpengaruh negatif terhadap integritas akademik. Demikian halnya secara simultan, dimensi fraud diamond berpengaruh terhadap integritas akademik mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 65,40%, sementara 34,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus di dalam penelitian ini.


Keywords


Fraud Diamond, Integritas Akademik, Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, Kemampuan, Buddhis

Full Text:

1-12 PDF

References


Abdullahi, Rabi‟u, Noorhayati Mansor, dan Muhammad Shahir Nuhu. 2015. “Fraud

Triangle Theory and Fraud Diamond Theory: Understanding the Convergent

and Divergent for Future Research”. European Journal of Business and Management,

Volume 7, Nomor 28, h. 30-37.

Albrecht, W. Steve, et.al. 2012. Fraud Examination: Fourth Edition. USA: South Western

Cengage Learning.

Bolin, A.U. 2004. “Self-Control, Perceived Opportunity, and Attitudes as Predictors of

Academic Dishonesty”. The Journal of Psychology: Interdiciplinary and Applied,

Volume 138, Nomor 2, h. 101-114.

Budiman, Nita Andriyani. 2018. “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi

Fraud Diamond dan Gone Theory”. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, Volume 11,

Nomor 1, h. 75-90.

Firmantyo, Tyas dan Asmadi Alsa. 2016. “Integritas Akademik dan Kecemasan

Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa”. Psikohumaniora:

Jurnal Penelitian Psikologi, Volume 1, Nomor 1, h. 1-11.

Gallant, Tricia Bertram dan Patrick Drinan. 2008. “Toward A Model for Academic

Integrity Institutionalization: Informing Practice in Postsecondary

Education”. The Canadian Journal of Higher Education, Volume 38, Nomor 2, h. 25-43.

Genereux, Randy L. dan Beverly A. McLeod. 1995.“Circumstances Surrounding

Cheating: A Questionnaire Study of College Students”. Research in Higher

Education, Volume 36, Nomor 6, h. 687-704.

Hughes, Julia M. Christensen dan Donald L. McCabe. 2006. “Academic Misconduct

within Higher Education in Canada”. Canadian Journal of Higher Education, Volume

, Nomor 2, h. 1-21.

Jacob, David C. 2004. “A Pragmatist Approach to Integrity in Business Ethics”. Journal

of Management Inquiry, Volume 13, Nomor 3, h. 215-223.

Jahja, Adi Susilo. 2007. “Integritas Akademik dalam Membangun SDM Profesional di

Perguruan Tinggi: Kasus Academic Dishonesty STIE Perbanas”. Jurnal Ilmu

Pendidikan, Volume 11, Nomor 1, h. 46-61.

Jiang, Hai, Lynne Emmerton, dan Leigh McKauge. 2013. “Academic Integrity and

Plagiarism: A Review of The Influences and Risk Situations for Health

Student”. Higher Education Research and Development, Volume 32, Nomor 3, h. 369-

Kwong, Theresa, et.al. 2010. “Students‟ and Faculty‟s Perception of Academic Integrity

in Hong Kong”. Campus-Wide Information Systems, Volume 27, Nomor 5, h. 341-355.

Manoppo, Yance dan Djemari Mardapi. 2014. “Analisis Metode Cheating pada Tes

Berskala Besar”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor 1, h. 115-

McCabe, Donald L., Linda Klebe Trevino, dan Kenneth D. Butterfield. 1999. “Academic

Integrity in Honor Code and Non-Honor Code Environments”. The Journal of

Higher Education, Volume 70, Nomor 2, h. 211-234.

Murdiansyah, Isnan, Made Sudarma, dan Nurkholis. 2017. “Pengaruh Dimensi Fraud

Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris pada

Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya)”. Jurnal Akuntansi

Aktual, Volume 4, Nomor 2, h.121-133.

Nursani, Rahmalia. 2014. “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud

Diamond”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya,

Volume 2, Nomor 2, h. 1-21.

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories An Educational Persepective (Teori-Teori

Pembelajaran: Persepektif Pendidikan) Edisi keenam. Terjemahan Eva Hamdiah dan

Rahmat Fajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sierra, Jeremy J dan Michael R. Hyman. 2008. “Ethical Antecedents of Cheating

Intentions: Evidence of Mediation”. Journal of Academic Ethics, Volume 6, Nomor 1,

h. 51-66.

The International Center for Academic Integrity. 2014. The Fundamental Values of

Academic Integrity (Second Edition). South Carolina: Clemson University.

Wolfe, David. T dan Dana R. Hermanson. 2004. “The Fraud Diamond: Considering the

Four Elements of Fraud”. The CPA Journal, Desember, h. 38-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Sati Sampajanna journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.