Peranan Karaniyametta Sutta Dalam Membentuk Karakter Pelajar Buddhis

Marga Virya Sidharta, Julia Surya, Mayadi Mayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Karaṇīyametta Sutta dalam membentuk karakter pelajar Buddhis. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan data pustaka yang digunakan berasal dari jurnal dan sutta yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karaṇīyametta Sutta memiliki peranan yang penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas pelajar Buddhis di Indonesia. Karaṇīyametta Sutta mengajarkan tentang empat langkah pengembangan metta dengan meditasi, yaitu keinginan yang disengaja, sarana, metafora, dan metode. Keempat langkah tersebut bertujuan untuk mempermudah proses pembentukan metta yang dapat menyebabkan kebahagiaan dan kedamaian batin. Karaṇīyametta sutta merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi diri yang religius pada pelajar Buddhis. Dengan mengembangkan metta, pelajar Buddhis dapat meningkatkan kesadaran dan kebijaksanaan mereka dalam menghadapi berbagai situasi dan tantangan hidup.

Keywords


Karaṇīyametta Sutta; Karakter; Pelajar Buddhis

Full Text:

PDF 52-58

References


Caliadi. (2020). Bina Pelajar Buddhis di Sekolah Umum, Caliadi Tekankan 4 Karakter Buddhis. Retrieved from: Kementrian Agama Republik Indonesia website: https://bimasbuddha.kemenag.go.id/bina-pelajar-buddhis-di-sekolah-umum-caliadi-tekankan-4-karakter-buddhis-berita-477.html.

Chowmas, D., & Gunawan, A. W. (2021). The influence of mindfulness and Buddhist rituals on the spirituality of students at STAB Maitreyawira Pekanbaru. SMARATUNGGA: JURNAL OF EDUCATION AND BUDDHIST STUDIES, 1(2), 37-49.

Dewi, M. R., Sutikyanto, S., & Mujiyanto, M. (2023). PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN BUDDHA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA BERAGAMA BUDDHA SMP SMARATUNGGA AMPEL. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan, 9(1), 94-103

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Ismoyo, T. (2020). Konsep pendidikan dalam pandangan agama buddha. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 2(1), 56-63.

Pribadi, B. (2023). Tawuran Antarpelajar di Kaliwungu Berujung Jatuh Korban Jiwa, Polisi Ungkap Pemicunya. Retrieved from: Rejogja website: https://rejogja.republika.co.id/berita/s0x1ji399/tawuran-antarpelajar-di-kaliwungu-berujung-jatuh-korban-jiwa-polisi-ungkap-pemicunya.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, R. R. N. (2023). Jadi Tersangka Kasus Bullying di Cilacap, Ternyata MK Pernah Juara Tartil Alquran. Retrived from: suara.com website: https://www.suara.com/news/2023/09/29/140901/jadi-tersangka-kasus-bullying-di-cilacap-ternyata-mk-pernah-juara-tartil-alquran.

Sutta, K. M. (2000). Discourse on loving kindness. The connected discourse of the Buddha Bhikkhu Bodhi. Somerville, Ma: Wisdom Publications.

Zikin, Y. A. (2023). Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Gangster di Bojonegoro, 3 Diantaranya masih Pelajar. Retrieved from: Tribun Jatim website: https://jatim.tribunnews.com/2023/11/06/polisi-tetapkan-5-tersangka-kasus-gangster-di-bojonegoro-3-diantaranya-masih-pelajar.




DOI: https://doi.org/10.69835/jpd.v10i2.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:


View My Stats

Jurnal Pelita Dharma (JPD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.