Peran Panti Asuhan Dharma Surya Tangerang Dalam Mengembangkan Spiritualitas Buddhis Anak Yatim Piatu
Abstract
Penelitian ini berfokus pada spiritualitas anak yatim di Panti Asuhan Dharma Surya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami dan menggambarkan kehidupan spiritual mereka melalui penyelidikan yang mendetail. Penelitian ini berlangsung dalam tiga tahap: perencanaan, pengumpulan data, dan pelaporan, dimulai dengan persiapan dan seminar proposal. Pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi di dalam panti asuhan, diikuti dengan analisis temuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus, dengan anak-anak panti asuhan dan orang tua asuh sebagai informan. Total lima peserta terlibat, terdiri dari tiga anak dan dua orang tua asuh. Untuk memastikan validitas data, studi ini memanfaatkan beberapa strategi termasuk member checking dan triangulasi, dengan analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang mengarah pada reduksi data dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas anak yatim dibentuk oleh sikap sehari-hari mereka dan perspektif spiritual individu. Dua strategi utama untuk mengembangkan spiritualitas ini diidentifikasi: strategi aksi dan strategi kognitif yang memperkuat sifat spiritual yang sudah ada pada anak-anak. Selain itu, orang tua asuh memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan spiritual anak yatim, menyediakan pengetahuan penting untuk membantu memandu mereka menuju masa depan yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDF 1-12References
Ahmad, Rosmani. 2012. Gerakan-Gerakan Spiritualitas dalam Komunitas Budha. Volume. 1, Nomor. 1, 2012. Fakultas Dakwa IAIN SU.
Alfian, I, N & Suminar, D, R. 2003. Perbedaan Tingkat Kebermaknaan Hidup Remaja Akhir pada Berbagai Status Identitas Ego dengan Jenis Kelamin Sebagai Kovariabel. Surabaya.
Amir, Y & Lesmawati, R, D. 2016. Religiusitas dan Spiritualitas: Konsep yang Sama atau Berbeda?. Volume. 2., Nomor. 2., 2016. Hal. 67-73. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah.
Bukatko, D & Daehler, W, D. 2004. Child Development: A Thematic Approach. Edisi-5. Amerika Serikat: Houghton Mifflin Company.
Fasaris, T. 2005. Metode Pengembangan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.
Hafidhudin, Didin. 2000. Santunan Anak Yatim. Surabaya: Media Insan.
Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Prawacana Dharmacarya Dharmesvara. 1997. Kuliah Agama Buddha untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Yasadari.
Priastana, D, J. Edisi kedua 1999. Pokok-pokok dasar Mahayana. Jakarta: Yayasan Yasodhara Puteri.
Putri, O, R. 2020. Hubungan antara Spiritualitas dengan Kebermaknaan Hidup pada Remaja di Panti Asuhan Budi Mulya Sukarame Bandar lampung. Lampung: Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sanusi, M. 2005. Anak Yatim Investasi Akhirat. Semarang: Media Belajar.
Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Optimalkan 10 Kecerdasan pada Anak. Jakarta: PT Buku Seru.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: ALFABETA.
Udana: Khotbah-khotbah Inspirasi Buddha. Edisi kedua (revisi) cetakan pertama 2001. Diterjemahkan oleh. Lanny Anggawati dan Wena Cintiawati. Yogyakarta: Vidy?sen?.
DOI: https://doi.org/10.69835/jpd.v8i1.604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: