Peran Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengatasi perilaku maladaptif mahasiswa STABN Sriwijaya Tangerang Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Informan dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa dan orang tua mahasiswa STABN Sriwijaya Tahun Akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles Huberman, dan Saldana. Teknik keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Upaya preemtif orang tua dalam mengatasi perilaku maladaptif mahasiswa seperti perilaku mabuk-mabukan, bolos kuliah, rambut acak-acakan- merokok dilingkungan kampus, dan berpakaian tidak rapi, adapun dampak yang terjadi pada mahasiswa yaitu hilangnya kesadaran, tidak mengerti materi pelajaran, malu dan tidak percaya diri, ditegur dosen, mempengaruhi, merugikan diri sendiri, terlambat masuk jam perkuliahan dengan langkah awal yaitu Melaksanakan sila dengan baik, Upaya diri sendiri untuk memperbaiki diri, melakukan komunikasi yang baik dengan mahasiswa, dan melakukan pendekatan serta bantuan dari orang tua, dosen, dan teman-temannya. (2) Upaya preventif orang tua dalam mengatasi perilaku maladaptif mahasiswa seperti perhatian, meditasi dan memberikan nasehat. (3) Upaya represif orang tua dalam mengatasi perilaku maladaptif mahasiswa yaitu latihan menjadi samanera di pusat meditasi, selain itu yaitu mengontrol terus perilaku anak, memberikan teguran keras, dan isolasi/dipenjarakan (diserahkan kepihak yang berwenang).
Keywords
Full Text:
PDF 1-9References
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Replublik Indonesia Nomor 12, Tahun 2012, tentang Norma.
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13 (1). https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Sary, Y. K. (2011). Perilaku Maladaptif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Yuliani. (2022). Bimbingan Dan Konseling Islam Melalui Islamic Storytelling Terhadap Perilaku Maladaptif Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Tumenggungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Pitriah, N. (2020). Profil Perilaku Maladaptif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 7 Kerinci. Jurnal Counseling Care, 4(2), 31-37.
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.
Destiannisa, A. (2012). Implementasi Metode Pendekatan Kognitif Dalam Pembelajaran Paduan Suara. Journal Harmonia, 12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2524/2577
Saraswati, D. K. L., Dewi, A. A. S. L., & Widyantara, I. M. M. (2021). Upaya Pencegahan Anak sebagai Korban Kekerasan Seksual melalui Dunia Maya. Jurnal Konstruksi Hukum, 2(1), 15-18.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wijanarko, A., & Ginting, R. (2021). Kejahatan Jalanan Klitih Oleh Anak Di Yogyakarta. Recidive: Jurnal Hukum Pidana dan Penanggulangan Kejahatan, 10(1), 23-28.
Wati, T. S., & Nursiti, N. (2021). Kekerasan Fisik Kepada Anak Yang Hingga Menyebabkan Kematian Yang Dilakukan Oleh Orang Tua Angkat (Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong Bener Meriah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Pidana, 5(2), 335-342.
DOI: https://doi.org/10.69835/jpd.v11i2.659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: