Penggunaan Desain Grafis Visual Oleh Pandita Magabudhi Pada Pelaksanaan Dhammadesana Di Vihara Siripada Kota Tangerang Selatan

Nanda Sulistiyo Ardi, Kemanya Karbono, Rakay Indramayapanna

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini terkait penggunaan desain grafis visual oleh Pandita Magabudhi pada pelaksanaan dhammadesana di Vihara Siripada Kota Tangerang Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan desain grafis visual oleh Pandita Magabudhi pada pelaksanaan dhammadesana di Vihara Siripada Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan, menguraikan, dan menjelaskan bagaimana penggunaan desain grafis visual oleh Pandita Magabudhi saat pelaksanaan Dhammadesana di Vihara Siripada Kota Tangerang Selatan. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi konten. Teknik analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana (2014) melalui tahapan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion: drawing/verifying). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pandita Magabudhi, Pengurus Vihara, dan umat Vihara memiliki pandangan positif yang dibuktikan dengan penggunaan desain grafis visual sebagai media penyampaian materi; 2) Fungsi dan bentuk penggunaan desain grafis visual bervariasi dengan kemudahan menggunakan desain grafis visual yang diterapkan melalui media PowerPoint (PPT), desain grafis, video, gambar, dan poster. Manfaatnya penggunaan desain grafis visual dapat menciptakan berbagai inovasi dan kreativitas Pandita Magabudhi; 3) Implikasi dari penggunaan desain grafis visual yang dirasakan Pandita dan umat membantu dalam jalannya kegiatan dhammadesana.


Keywords


Desain Grafis Visual; Pandita Magabudhi; Dhammadesana

Full Text:

PDF 55-64

References


Ashidiqi, Abu Hamzah. Eko Darmawanto., Kukuh Dwi Wijanarko., Syamsul Ma'arif. (2020). Perancangan Visual Dakwah Islami Public Reminder Melalui Konten Kreatif Ilustrasi. Jurnal Suluh. 5(2).

Azizah, Emi. (2023). Eksistensi Metode Dakwah Konvensional Pada Era Modern. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 9(3). DOI: 10.58258/jime.v9i1.5554/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Chairiyah, Ummy. (2022). Pengaruh Komunikasi Visual Desain Grafis Buku Mizan Terhadap Minat Baca Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi. 12(1).

Effendy, Erwan., Gita Ramadhani., & Tria Tanti. (2024). Efektivitas Dakwah dalam Media Digital untuk Generasi Z. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 4(2). DOI: 10.47467/dawatuna.v4i3.5480

Houw, Liong. (2019). Respons Umat Buddha Terhadap Kinerja Pandita Magabudhi Di Kota Tangerang Selatan. Unpublished.

Kalaloi, Abdul Fadli. (2019). Melihat Fragmentasi dan Keaktifan Audiens dalam Menentukan Platform dan Informasi di Media Online. DOI: 10.17605/OSF.IO/Z9BHC

Mulyana, Deddy. (2020). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.

Muntazori, Ahmad Faiz, et al. (2020) .Dakwah Visual: Ekspresi Keimanan Seorang Muslim Dalam Bentuk Poster Digital. Human Naratives. 1(2).

Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UMN.

Silviani, Irene. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Ummah, Athik Hidayatul., M. Khairul Khatoni., & M. Khairurromadhan. (2020). Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike. 12(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.