Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha

Widyo Angkoso Sektiono, Kunarso Kunarso

Abstract


Hasil belajar kognitif adalah hasil akhir yang diperoleh siswa dalam memahami ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan proses mental (otak) dan merupakan dasar penguasaan ilmu pengetahuan yang harus dikuasai siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Metode mind mapping merupakan suatu metode yang dapat menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam memahami suatu konsep materi dengan mudah karena dipahami sesuai dengan pemikirannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didikĀ  melalui penggunaan metode mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian terdiri dari siswa-siswa yang beragama Buddha di kelas XI jurusan Seni Pedhalangan di SMK Negeri 8 Surakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penilaian peserta didik oleh guru. Berdasarkan hasil penilain terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik.


Keywords


mind;mapping; hasil;belajar;kognitif;Pendidikan;Agama;Buddha

Full Text:

PDF 23-34

References


Ahmadi. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Buzan, Tony. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: GrameNdia Pustaka Agama. Maisyarah. 2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Jurnal penelitian https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3136 diakses 3 September 2022.

Purwanto, Ngalim. (2002). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung : Remaja Karya.

Rahmah, Noer. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wiriyanti, Anik. (2016). Efektivitas Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMP Dharma Widya Tangeran Kelas VII B. Jurnal Penelitian.

https://stabn- sriwijaya.ac.id/?mnu=berita&id=175&tipe=Artikel diakses

September 2022.




DOI: https://doi.org/10.69835/sati.v15i1.646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.