Perbedaan Kemampuan Bertanya Siswa SMA Dharma Putra Tangerang Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha

Ningtyas Nita Dwi Swatika

Abstract


Kemampuan bertanya merupakan kesanggupan seseorang dengan cara berlatih dalam menyampaikan pertanyaan berdasarkan rasa ingin tahu atau ketidak pahaman terhadap sesuatu yang telah dipelajarinya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya perbedaan kemampuan bertanya siswa SMA Dharma Putra Tangerang ditinjau dari Gaya Kognitif pada pembelajaran Pendidikan Agama Buddha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan bertanya siswa SMA Dharma Putra Tangerang ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik proportionate statified claster random sampling. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Dharma Putra Tangerang berjumlah 173 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji prasyarat normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa  data penelitian homogen. Hasil uji linearitas menunjukkan bahwa data penelitian linier. Dari hasil uji prasyarat disimpulkan bahwa data telah memenuhi syarat sehingga dilakukan analisis dta dengan menggunakan analisis anava satu jalur. Hasil analisis data penelitian  terdapat perbedaan rata-rata kemampuan bertanya siswa SMA Dharma Putra Tangerang ditinjau dari gaya kognitif field independen (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD) pada pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dengan rata-rata kemampuan bertanya kelompok siswa dengan gaya kognitif field independent sebesar 63,8125 dan rata-rata kemampuan bertanya kelompok siswa dengan gaya kognitif field dependent sebesar 66,8156.

Keywords


Kemampuan; Bertanya; Gaya; Kognitif.

Full Text:

PDF 149-160

References


Abdul Majid. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alfan. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Kartun Strip di Kelas IV A SD Negeri 18/I Desa Teluk. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Allinson, Christopher & Hayes, John. 2012. The Cognitive Style Index: Technical Manual and User Guide. United Kingdom: Pearson Education Ltd.

Arends, Richard l. & Kilcher. Ann. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge.

Arif, Muhammad. 2016. Peningkatan kemampuan bertanya melalui metode debat aktif siswa kelas VIII D SMP N 2 Banguntapan Bantul. E-Jurnal Skripsi program studi Teknologi Pendidikan. Online, http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fiptp/article/view/2809/2382 (diakses 23 Januari 2020)

Asdar, Ahsanul Khair & Suntoro. 2018. Analisis Data Penelitian (Penerapan SPSS 20 & Pengenalan Nvivo). Tangerang: Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data STABN Sriwijaya.

Asih, Ni Made Viriyani. 2015. Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Berorasi Mahasiswa STAB Negeri Sriwijaya. Skripsi. Tangerang: STAB Negeri Sriwijaya.

Beritasatu. (19 Oktober 2019). Teknologi Pengaruhi Cara Belajar Generasi Z. Diakses pada 24 Februari 2020, dari http://amp-beritasatu-com.cdn.ampproject.org

Brophy, Jere. 2004. Motivating Students to Leam. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Buddhagosa. 2007. Dhammapada Atthakatha. Terjemahan oleh Bhikkhu Agabbalo. Jakarta: Perpustakaan Narada.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pemuda Media Group.

Decety, Jean and Ickes, Wiliam. 2009. The Social Neuroscience of Empathy. New York: Library of Congress Cataloging in Publication Bata.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Domyei, Zoltan. 2005. The Psychology of the Language Leamer Individual Differences in Second Language Acquisition. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Ghazali, Iman. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat: Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guisande, Adelina et.al Field Dependence-independence (FDI) Cognitive Style: An Analysis of Attentional Functioning, Journal psicothema 2007 vol 19. PSICOTHEMA Online. http://www.psicothema.com/pdf/3399.pdf. (diakses pada 14 Januari 2019 )

Gulo, W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

http:www.personal.kent.edu/~plucasst/Cognitive%20Styles.pdf.

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM.

Ñ?namoli dan Bodhi. 2004. Majjhima Nik?ya 1. Diterjemahkan oleh vintiawati, wena dan Lanny Anggawati. Klaten: Wihara Bodhivamsa dan Wisma Dhammaguna

Nasution. 2011. Berbagai Pensekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmadhani, Yeni. 2013. Analisis Pertanyaan Siswa SMP Berdasarkan Tingkat Perkembangan Intelektual dan Gender Pada Konsep Sistem Reproduksi. Skripsi. (Online), (http://repository.upi.edu/ , diakses 27 Januari 2020) 152 hlm.

Robbins. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Ronny, Kountur. 2005. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: PPM.

Sanjaya, Wina. 2011. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Rizky Noprita. 2012. Analisis Pertanyaan Siswa Menerapkan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview) dalam Klasifikasi Marbach pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 3 Medan. (Tesis). Medan: Universitas Negeri Medan.

Siwa, Muderawan, Tika. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kimia terhadap keterampilan proses sains di tinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal pendidikan dan pembelajaran vol 3, no 2. Pangkal pinang. Online, http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/794/579 (diakses 23 Januari 2020)

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stannard, Paige Lucas. 2013. “Cognitive Styles: A Review of the Major Theoris and Their Application to Information Seeking in Virtual Environments”. PERSONAL Online.

Sudrajat, Subana. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulani, Puji. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. (Tesis). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sumadi Suryabrata. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. 254 hlm.

Suwarna, M.Pd., dkk. 2016. Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis Dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.256 hlm.

Tim Redaksi. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2009. Jakarta: CV. Naga Jawa Berdikari.

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.69835/sati.v11i2.564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.