Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Pada Pendidikan Agama Buddha Di Desa Yosomulyo, Banyuwangi Jawa timur

Anata Sari, Fitri Riswati Wulandari, Irma Erviana

Abstract


Pembentukan karakter merupakan salah satu bentuk karakter yang ditanamkan kepada anak-anak sejak anak usia dini. Pembentukan karakter ini mengajarkan kepada anak untuk selalu membiasakan diri untuk berbuat kebajikan.Karakter merupakan sebuah sifat, watak, akhlak atau sikap dari seseorang yang dapat membedakan seseorang dengan sekelompok orang lainnya. Orang tua memiliki peran yang penting sebagai panutan bagi anak-anaknya dalam pembentukan karakter yang ada di dalam dirinya, setiap anak pastinya akan meniru semua tingkah laku yang dilakukan oleh orang tuanya.Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang peranan orang tua dalam membentuk karakter anak sejak usia dini pada pendidikan agama Buddha di desa Yosomulyo, Banyuwangi Jawa timur, karena orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam mendidik dan membentuk kepribadian karakter anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam membentuk karakter anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu orang tua yang ada di desa Yosomulyo, Banyuwangi Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, banyak sekali orang tua yang mengupayakan pembentukan karakter anak dengan mengenali sifat dan minat anak, mengembangkan perilaku anak dengan mengikuti les privat, menanamkan nilai-nilai agama kepada anak dan langkah-langkah yang diterapkan orang tua dalam membentuk karakter anak seperti menyediakan Fasilitas, memberikan pendidikan agama, mengajarkan sopan santun, memberikan teladan yang baik, menanamkan nilai-nilai kedisplinan, menanamkan nilai-nilai kejujuran, menanamkan nilai-nilai sosial. Ada beberapa hambatan-hambatan yang terjadi ketika orang tua membentuk karakter anak yaitu, anak mulai bosan, kurang disiplin, kurang percaya diri dan motivasi belajar rendah.

 

Kata Kunci: Peranan Orang Tua, Pembentukan Karakter


Full Text:

37-52 PDF

References


Bodhi, B. (Tahun 2015). Anguttara Nikaya Khotbah-Khotbah Numerikal Sang Buddha. Jakarta Barat: Edi Wijaya dan Indra Anggara .

Deana Dwi Rita Nova, N. W. (2019). pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan nak transportasi umum . Jurnal COMM-EDU, Vol.2.No.2, IKIP Siliwangi.

Drs. Johari Efendi, M. (2021, Februari). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD.

Fadillah, M. d. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadisi, L. (Juli-Desember 2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal AI-Ta'dib vOL.8 No 2, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari .

Indrianti, T. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Desa Kedaton Induk Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) metro : Skripsi .

Irmalia, S. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal El-Hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan) Vol. 5. No. 1, halaman 33 .

Khorida, M. F. (Tahun 2019 ). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta .

Mahathera, B. D. (Tahun 2005 ). PUSTAKA DHAMMAPADA PALI – INDONESIA. Jakarta : Sangha Theravada Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasyrah Jida, N. J. (Tahun 2019). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurna AL-ATHFAL Volume 1 nomor 2 Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Noviansari, A. (2020, 05 Desember Sabtu). Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. hal. Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa Yogyakarta .

Setiardi, D. (juli 2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi Vol. 14.No.2, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara hal 139.

Simpuru, B. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA MILENIAL (STUDI KASUS KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO). Makassar: Universtas Muhammadiyah .

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Walshe, M. (1993). DIGHA NIKAYA-Kotbah-kotbah panjang sang buddha. London University : Dhamma Citta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats