Analisis Faktor-Faktor yang Mendeskripsikan Stress Mahasiswa Prodi PKB dalam Menghadapi UAS

Agestin Widia Saputri, Luhita Luhita, Ria Karina

Abstract


Mahasiswa merupakan seorang yang sedang menempuh pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana, dimana mahasiswa akan di sibukan oleh berbagai tugas dan kegiatan. Dengan banyaknya tugas dan kegiatan ini dapat mendeskripsikan daya pikir bahkan kesehatan mahasiswa. Hampir semua mahasiswa mengalami stress. Oleh karena itu, peneliti mengkaji analisis faktor-faktor yang mendeskripsikan stres mahasiswa Prodi PKB dalam menghadapi UAS karena sebagai mahasiswa harus mampu mengelola stres agar dapat menghadapi UAS dengan baik sehingga dapat mendapatkan nilai yang sesuai, dan juga agar dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendeskripsikan mahasiswa dalam menghadapi UAS. Penelitian ini menggunakann metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah nontes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Prodi PKB STABN Sriwijaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata mahasiswa prodi PKB pada saat menghadapi UAS mengalami stress. Tidak hanya saat menghadapi UAS, tapi banyaknya tugas deadline, tugas akhir dan juga banyaknya kegiatan dari kampus menjadi salah satu pemicu terjadinya stres pada mahasiswa. Mereka selalu menunda pekerjaan yang seharusnya dikerjakan, kurangnya percaya diri mahasiswa dalam mengerjakan UAS, ataupun sebagian mahasiswa yang memiliki ambisi untuk mendapatkan nilai yang tinggi, persaingan antar teman, dan juga masalah pribadi juga menjadi pemicu mahasiswa mengalami stress saat menghadapi UAS. Dengan timbulnya stress ini mahasiswa Prodi PKB melakukan berbagai cara untuk dapat mengatasi stress diantaranya mereka bisanya melampiaskan ke teman, berteriak di kamar, menangis, merefleksikan pikiran, istirahat, menonton apa yang disukai, becanda dengan teman, mencari penyebab timbulnya stress, refleshing dan mencari hiburan. Cara cara yang dilakukan oleh mahasiswa prodi PKB ini bertujuan untuk mengatasi stress yang timbul pada dirinya.

Kata Kunci: faktor-faktor yang mendeskripsikan stress, mahasiswa,  menghadapi uas.


Full Text:

53-63 PDF

References


Agusmar, A., Vani, A., & Wahyuni, S. (2018). Perbandingan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran. Medical Journal, 1 (2) 34-38.

Erni Rernawan. 2011. Organization culture, budaya organisasi dalam perspektif ekonomi dan bisnis, Bandung: Alfabeta.

Heiman dan Kariv, 2005. Task-Oriented versus Emotion-Oriented Coping Strategies: The Case of College Students. College Student Journal, 39 (1): 72-89.

Jannah, Asriatul. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres pada Mahasiswa S1 Keperawatan UNISSULA Yang Sedang Menyusun Skripsi. (Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). http://repository.unissula.ac.id.id/7239/

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian kualitatif (Banding: PT. Remaja Rosdakarya 2007), h.4.

Perwitasari, D. T., Nurbeti, N., & Armyanti, I. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkatan Stres Pada Tenaga Kesehatan di RS Universitas Tanjupura Pontianak Tahun 2015. Jurnal Cerebellum, 13 (2) 235-239.

Richard. (2010). Coping with Stress In a Changing World. New York: McGrawHill

Rinawati, F. (2019). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7 (1) 95-100.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology biopsychosocial interactions. amerika:Wiley.

Sendari, A. A. (2018, Agustus 8). Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah. Retrieved from hot.liputan6.com: https://hot.liputan6.com/read/4032771/mengenl-jenis-penelitian-deskriptif-kualitatif-pada-sebuah-tulisan-ilmiah

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Suhandiah, S., Ayuningtyas, & Sudarmaningtyas, P. (2018). Tugas Akhir dan Faktor Stres Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 5 (1) 65-74.

Susapto, Dwi. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Muhammadiyah Magelang 2018. Other thesis, (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang) http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2844.

Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman. The Soedirman Journal of Nursing, 9 (3) 173-189).

Wardana, M. S., & Dinata, I. K. (2015). Tingkat Stres Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Semester di SMAN 4 Denpasar. E-Jurnal Medika, 6 (11) 116-119.

Wulandari, Veronika Dwiasih. (2009). Tingkat Stres Siswa SMA Kelas XII di Yogyakarta Dalam Menghadapi Ujian Nasional. (Skripsi, Universitas Sanata dharma). http://repository.usd.ac.id/28508/2/049114006.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats