Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Dan Xi di SMK Ariya Metta

Melinia Luky Listiara, Ahsanul Khair Asdar, Muawanah Muawanah

Abstract


Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan atau kemahiran seseorang untuk menilai, memecahkan masalah, mengambil keputusan, memberikan keyakinan, dan menganalisis asumsi berdasarkan bukti secara ilmiah dan rasional yang dapat dipastikan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum ditemukannya dampak kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa X dan XI SMK Ariya Metta tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa X dan XI SMK Ariya Metta tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Ariya Metta yang berjumlah 116 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan minat baca berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dan XI SMK Ariya Metta tahun ajaran 2020/2021 (F= 35,488 dan nilai signifikansi = 0,000). Persamaan regresi linier berganda yang dicapai adalah Y= 24,718 + 0,436X1 - 0,261X2. Kontribusi kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 38,6%. Hasil analisis regresi parsial yaitu: (1) kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis jika variabel minat baca dikontrol (t= 4,247 dan nilai signifikansi= 0,000); (2) Minat membaca berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis jika variabel belajar mandiri dikontrol (t= 3,028 dan nilai signifikansinya = 0,003).


Keywords


kemandirian, belajar, minat baca, berpikir kritis

Full Text:

PDF 62-71

References


Anggraini, Fadilah Desy dkk. 2020. Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PAP pada Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Vol. 4 No. 1.

Muhammad, Berrasul Eqtafa dkk. 2019. Pengaruh Budaya Membaca terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat Tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1.

Nurhidayah, Istianti dkk. 2018. Pengaruh Kegiatan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 4 No. 3.

Prabancono, Haryo. 2016. UNESCO: Minat Baca Indonesia Terendah Kedua versi UNESCO. Diakses dari

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi digital. Jurnal Akrab, 10(2), 60-69.

Winarno, R. A. J., & Syah, R. (2020, July). LKPDK DALAM PENGEMBANAGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats