Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Minat Membaca Terhadap Literasi Informasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ariya Metta Tangerang

Regga Juniawan

Abstract


Literasi informasi adalah kemampuan seseorang dalam mendapatkan, mengelola dan menggunakan informasi secara tepat, selektif dan efektif. Kemampuan mengevaluasi informasi dan menggunakannya secara efektif serta pemahaman infrastruktur teknologi dalam transfer informasi kepada orang lain. Literasi informasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penggunaan media sosial dan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan minat baca terhadap literasi informasi siswa di SMP Ariya Metta Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Responden penelitian ini adalah 141 siswa dari kelas VII sampai IX yang diambil secara acak. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Data penggunaan media sosial, minat baca, dan literasi informasi diperoleh melalui penggunaan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penggunaan media sosial dan minat baca terhadap literasi informasi siswa di SMP Ariya Metta Tangerang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sumbangan pengaruh variabel penggunaan media sosial dan minat baca terhadap variabel literasi informasi siswa adalah 98,4%.


Full Text:

PDF 71-78

References


Bungin, Burhan. (2011). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herianti, Yanti. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulah.

Jotidhammo Dan Limiadi, Ananda Rudy. (2004). Majjhima Nikaya II. Klaten: Vihara Bodhivamsa Dan Wisma Dhammaguna.

Khoiratun, Alfiyana. (2014). Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Siswa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nasrullh, Rohmah. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Norman: (2004). The Word of The Doctrine. Oxford: The Pali Text Society. Putra, Ega Dewa. 2014. Menguak Jejering Sosial. Tangerang: Graha Ilmu.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Rosari, Renita Winong. 2006. SPSS 13.0 Terapan. Yogyakarta. Penerbit ANDI. Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats