Etika Komputer dan Implikasinya pada Pembelajaran di Era Modern

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Urgensi etika komputer deism prom pembelajaran adalah bagaimana mempertahankan sosial kemanusiaan melalui pedlaku penggunaan teknoloei secara tenor dengan menjunjung tinggi caracara ihniah dan academic value. Bagaimana etika komputer dan implikasinya dalam pembelajaran di era modem menjadi permaszdahan dalam kajian int. Tujuan kajian  ini adalah mendcskripsikan etika komputer dan implikasinya pada pembelajaran di era modem. Tercapainya tujuan kajian memberikan gambaran nyata penerapan etika komputer beseita implikasinya pada pembelajaran.

Kajian inl menggunakan tekals analisis sintesis wacsna, dengan mempertimbangkan unsur teks, konteks. dan wacana. Sapiens yang dilakukan mempakan kelanjutan dari proses analisis dalam upaya mciskonstruksi teks den konteks, dengan menggunakan perbandingan isu-Isu dan fakta dalam rangka menjelaskan implikasi etika komputer pada pembelajaran di era modern. Penelidan terdehulu, kasus, dan data yang didapntlian dari internet menjadl unsur panting dalam memenuht subtansi teks dan konteks. Hasil kapan menggambarkan implikasi etika komputer pada pembelajaran di era modem menyentuh pada beberapa aspek proses pendidikaA yaitu: a) Penetspan kurikulum yang terintegrasi dengan pendidikan etika !computer, b)Kebebasan akademik dengan pemanfaatan komputasi humanisUk dan memperhatikan batasan.batanin sosial, c) Membuat kebijakan dan manajemen untuk penggunaan teknologi dan komputer &lam mendukung proses pembelajaran, d) hlemenuhi kebutuhan akses informasi akademik dengan care-card yang benar dan eds. e) Penlaku etis pemanfaatan teknologl digital dan komputer dalam psnerapan melody, strategi. dan pendekatan pembelajaran, sera Q Perilaku etis dalam membuat dan nwnggunakan media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi digital dan komputer.


Keywords


WW1 komputer, pembelailaran, etika

Full Text:

15-26 PDF

References


Brey, P. 2007. Etika Komputer dalam Pendidikan Tinggi, dalam Ed. G. Dodig-Cmkovic dan S. Stuart, Eds., Komputasi, Informasi, Kognisi: Nexus dan Liminal. Cambridge Scholars Press.

Panduan Implementasi Keterampilan Abad ke-21 dalam Kurikulum dan Pembelajaran (Kemitraan untuk Keterampilan Abad ke-21).

Downs, Donald, A. 2009. Kebebasan Akademik: Apa Itu, Apa Bukan, dan Bagaimana Membedakan. The John William Pope Center.

Floridi, Luciano. 2010. Informasi: Pengantar yang Sangat Singkat. Oxford: Oxford University Press.

Frydenberg, M., & Andone, D. 2011. Pembelajaran untuk Keterampilan Abad ke-21. Konferensi Internasional tentang Masyarakat Informasi. London: IEEE.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kerangka Kerja P21 (Kemitraan P21 untuk Pembelajaran Abad ke-21).

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Simorangkir, O.P. 2003. Etika: Bisnis, Jabatan, dan Perbankan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats