Peran Dharmaduta Abdi Desa Ehipassiko Foundation

Sabar Sukarno

Abstract


Masalah yang diteliti dalam studi ini adalah peran dharmaduta dari Abdi Desa Yayasan Ehipassiko. Ehipassiko adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam pengembangan umat Buddha, khususnya di bidang pendidikan. Abdi Desa merupakan program khusus yang bertujuan untuk membina umat Buddha di pedesaan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mendeskripsikan program-program Abdi Desa dalam rangka pembinaan umat Buddha di pedesaan. Subjek penelitian adalah pengelola Yayasan Ehipassiko dan pelaku Abdi Desa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Abdi Desa telah melaksanakan program pembinaan terhadap umat Buddha di pedesaan di Indonesia. Ehipassiko berperan dalam pembentukan umat Buddha dalam kolaborasi dengan pemangku kepentingan lain secara harmonis

Keywords


pendidikan agama buddha, program pembinaan, manajemen Yayasan, harmonisasi umat buddha.

Full Text:

36-48 PDF

References


Bulletin Triwulan Ehipassiko. (2014). Edisi 17, September. Diakses pada 20 Oktober 2014 dari http://www.Ehipassiko.net/.

Indochinatown. (2013). Handaka Vitananda: Tidak Lelah Menyebar Dharma. Diakses pada 25 Oktober 2014 dari http://indochinatown.com/2013/01/16/handaka-vitananda-tidak-lelah-menyebar-dharma/.

Kahmad, Dadang. (2009). Sosiologi Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priastana, Jo. (2005). Komunikasi dan Dharmaduta. Jakarta: Yasodhara Puteri.

Suryanadi, Nyana. (2005). Manajemen Pembinaan Umat. Diakses pada 19 Oktober 2014 dari http://jurnal-edu.blogspot.com/2005/11/manajemen-pembinaan-umat.html.

Tim Penyusun. (2008). Juklak Pelayanan Kegiatan Penyuluh Keagamaan Buddha. Jakarta: Yanwreko.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats