Peran Motivasi Belajar dan Meditasi Pernafasan (Anapanasati) Terhadap Penanggulangan Stres Belajar

Rakay Sutamayapanna

Abstract


Stres belajar sering terjadi pada pelajar. Hal ini tentunya menghambat perkembangan pencapaian belajar. Munculnya stres belajar berasal dari dua faktor: intrinsik dan ekstrinsik. Kurangnya minat siswa terhadap materi pelajaran adalah penyebab intrinsik stres belajar. Sementara itu, tuntutan dari pihak luar, seperti sekolah, guru, dan orang tua adalah penyebab eksternal stres belajar. Stres belajar yang terjadi pada pelajar harus diatasi. Siswa yang dapat bebas dari stres belajar akan membuat pencapaian belajar menjadi optimal. Salah satu cara untuk mengatasi stres belajar adalah motivasi belajar. Ada dua jenis motivasi dalam belajar, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Ketika siswa memiliki motivasi intrinsik, guru dan orang tua harus memberikan motivasi ekstrinsik untuk memperkuat motivasi siswa. Dengan demikian, motivasi intrinsik dan ekstrinsik saling mendukung. Salah satu konsep dalam Buddhisme yang dapat digunakan untuk mengatasi stres belajar adalah meditasi pernapasan (anapanasati). Meditasi pernapasan dapat digunakan untuk melatih konsentrasi siswa. Jika konsentrasi siswa kuat, maka proses belajar juga akan menjadi lebih baik dan stres belajar dapat diminimalisir. Meditasi pernapasan juga memberikan efek menenangkan, sehingga siswa dapat menjalani proses belajar yang kondusif. Oleh karena itu, motivasi belajar dan meditasi pernapasan dapat digunakan untuk mengatasi stres belajar yang terjadi pada siswa. Guru, orang tua, dan siswa itu sendiri harus dapat menumbuhkan motivasi belajar dan terbiasa melakukan praktik meditasi pernapasan. Dengan demikian, stres belajar dapat diatasi dan pencapaian belajar yang optimal dapat diperoleh.


Keywords


motivasi belajar, meditasi pernapasan, anapanasati, stres belajar.

Full Text:

61-71 PDF

References


Anuruddha, A. (2007). A Comprehensive Manual of Abhidhamma. Kandy: Buddhist Publication Society.

Buddhadasa Bhikkhu. (1980). Anapanasati (Mindfulness of Breathing). Bangkok: Sublime Life Mission.

Churchill, G. A., Jr. (2009). Dasar-dasar Riset Pemasaran, Edisi 4, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Collins, J. (2008). Detoksifikasi Hidup Anda. Jakarta: Esensi.

Hakim, T. (2005). Belajar secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Ibung, D. (2008). Stres pada Anak (Usia 6-12 Tahun): Panduan bagi Orang Tua dalam Memahami dan Membimbing Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Irianto, A. (2005). Born to Win: Kunci Sukses yang Tak Pernah Gagal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Katz, N. (2004). Buddhist Images of Human Perfection: The Arahant of The Sutta Pitaka Compared with the Bodhisattva and the Mahasiddha. Delhi: Motilal Banarsidass.

Loehr, J., & Schwartz, T. (2005). The Power of Engagement: Wujudkan Kinerja Terbaik dan Kesuksesan Puncak Anda dengan Pandai Mengelola Energi, Bukan Waktu. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Martono, L. H. (2008). Belajar Hidup Bertanggung Jawab, Menangkal Narkoba dan Kekerasan. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyani, N. S. R. D. (2012). Pengembangan media bimbingan belajar berbasis komputer tentang strategi mengatasi stres dalam belajar untuk siswa kelas XI di MAN 3 Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Nursalam, & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Olivia, F. (2010). Mendampingi Anak Belajar: Bebaskan dari Stres dan Depresi Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Petersen, L. (2009). Bagaimana Memotivasi Anak Belajar. Grasindo.

Phra Thepyanmongkol. (2012). A Study Guide for Samatha-Vipassana Meditation Based on The Five Meditation Techniques. Thailand: The National Coordination Center of Provincial Meditation Institute of Thailand.

Sadli, S., & Bachtiar, I. (2010). Berbeda tetapi Setara: Pemikiran tentang Kajian Perempuan. Penerbit Buku Kompas.

Semiawan, C. (2008). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo.

Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. IMTIMA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats