Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Buddha Sekolaii Dasar Kelas Vi Di Sdn Tambora 01, 02 dan 03 Pagi Jakarta Barat

Anwar Milani

Abstract


Analisis Buku Teks Buddhisme untuk Pendidikan Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Tambora 01, 02, dan 03 Jakarta Barat Awal. Penelitian oleh Dosen Sriwijaya Buddhist College Tangcrang Banten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan materi/buku teks Buddhisme untuk Pendidikan Sekolah Dasar Dharmacakra Kelas 6 (Karya Sulani, S.Ag. dan Sulan Hemajayo, S.Ag., M.M., CV. Gifts Jaya, 2012) dari 4 aspek kelayakan: isi, bahasa, penyajian, dan metode grafis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis studi pustaka dengan metode penelitian kualitatif Analisis Konten Kualitatif (Qualitative Content Analysis) dengan menggunakan teknik deskriptif-kualitatif dan statistik deskriptif kualitatif, yang dikombinasikan dengan studi lapangan pada tahap awal penilaian, tetapi pada saat analisis data, peneliti menggunakan studi pustaka. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa buku teks ini menggunakan tiga aspek: isi, bahasa, dan penyajian dalam kategori layak digunakan, meskipun belum memenuhi cakupan kurikulum pada aspek metode grafis pada tahun 2006 dan dalam kategori buku teks yang layak digunakan.

Keywords


buku teks Buddhisme, pendidikan sekolah dasar, kelayakan, isi, bahasa, penyajian, metode grafis.

Full Text:

96-105 PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional RI. (2006). Kurikulum Sekolah Dasar 2006. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Handaka Vijjananda. (2009). Buku Pelajaran Agama Buddha 'Ehipassiko' Sekolah Dasar Kelas 6. Jakarta: Ehipassiko Foundation.

Narada. (1996). Sang Buddha dan Ajaran-AjaranNya. Jakarta: Yayasan Dhammadipa Arama.

Panjika. (2000). Rampaian Dhanmua. Jakarta: DPP Pervitubi.

Puji Sulani, dkk. (2011). Buku Pendidikan Agama Buddha 'Dharmacakra' SD kelas 6. Jakarta: CV Karunia Jaya.

Ronny Kountur. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: PPM.

Supriadi, Dedi. (2000). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia: Problematik Penilaian, Penyebaran dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

S. Dhammika. (1990). Dasar Pandangan Agama Buddha. Surabaya: Yayasan Dhamma Dipa Arama.

Nyanaponika Thera. (2003). Petikan Anguttara Nikaya 2. Klaten: Vihara Bodhivamsa Wisma Dhammaguna.

Mestika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Krishnanda Wijaya Mukti. (2003). Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan.

Zhang, Yan & Barbara M. Wildemuth. “Qualitative Analysis of Content”. [PDF]. Diakses dari link pada Selasa, 20 Agustus 2013 pukul 20:14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats