Bauran Pemasaran, Manajemen Hubungan Pelanggan dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri konsep penilaian kinerja sekolah yang menggunakan balanced scorecard. Disini penulis berupaya menguraikan konsep balanced scorecard yang aplikatif bagi penilaian kinerja sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang mengandalkan pada kajian pustaka dari berbagai literatur dan jurnal penelitian. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa konsep balanced scorecard merupakan alternatif alat evaluasi strategi organisasi yang selama ini terpusat pada kinerja keuangan. Balanced scorcard mendasarkan penilaian pada empat aspek yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan dan perkembangan. Mengingat pendekatan balanced scorecard muncul dan berkembang di lingkungan organisasi bisnis maka perlu upaya modifikasi sebelum digunakan untuk penilaian kinerja sekolah. Oleh karena itu dalam konteks sekolah keempat faktor penilaian balanced scorecard menjadi dana dan sarana prasarana, siswa, kegiatan kurikuler, dan pendidik dan tenaga kependidikan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan konseptual yang aplikatif bagi peneliti maupun masyarakat yang akan melakukan evaluasi kinerja sekolah menggunakan pendekatan balanced scorecard.
Kata Kunci: Balanced Scorecard, Penilaian Kinerja Sekolah
Full Text:
41-50 PDFReferences
Kaplan, Robert S., dan Norton,David P., 1996,Translating Strategy Into Action: The Balanced Scorecard, the President and Fellows of Harvard College, Massachusetts.
Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik, STIE YKPN, Yogyakarta.
Nurkholis, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model, dan Aplikasi, PT.Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats