Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Sikap Toleransi dalam Pergaulan Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Swasta Perguruan Buddhi Tangerang Banten

Siti Mariani

Abstract


Moderasi beragama merupakan salah satu aspek penting yang harus
dipahami oleh setiap peserta didik di lingkungan sosial. Moderasi beragama
dapat dipahami sebagai jalan tengah di mana seseorang tidak ekstrem kanan
maupun ekstrem kiri. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
belum diketahuinya pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap sikap
toleransi dalam pergaulan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Swasta
Perguruan Buddhi Tangerang Banten. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap sikap
toleransi dalam pergaulan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Swasta
Perguruan Buddhi Tangerang Banten.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif penelitian Ex
Post Facto. Responden penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, VIII, dan IX
SMPS Perguruan Buddhi tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 242. Jenis
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional
strarified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan
angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas yang menggunakan rumus
Alpha Cronbach dengan bantuan. Validitas insrumen penelitian ini
menggunakan dua jenis validitas yaitu validitas isi dan validitas empiris.
Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Dalam penelitian ini uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji
normalitas dan uji linieritas. Hasil uji prasyarat normalitas memperoleh nilai
signifikansi variabel X sebesar 0,281 sedangkan nilai signifikansi variabel Y
sebesar 0,011 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji linieritas
memperoleh nilai probabilitas pengaruh pemahaman moderasi beragama
terhadap sikap toleransi dalam pergaulan peserta didik sebesar 0,344 berarti
variabel bebas pada penelitian memiliki pengaruh yang linier dengan variabel
terikat. Dari hasil uji prasyarat disimpulkan bahwa data telah memenuhi syarat
untuk dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman
moderasi beragama terhadap sikap toleransi dalam pergaulan peserta didik di
Sekolah Menengah Pertama Swasta Perguruan Buddhi Tangerang Banten
dengan nilai Fhitung sebesar 4615,721 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil
persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh yaitu Y = -23,469 + 1,493.
Sumbangan yang diberikan variabel pemahaman moderasi beragama terhadap
sikap toleransi dalam pergaulan peserta didik sebesar 96,7% sisanya 3,3%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Moderasi Beragama, Sikap Toleransi

Full Text:

25-32 PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Sati Sampajanna journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.