Pola Komunikasi Mahasiswa Perantau dengan Orang Tua (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Buddha Angkatan 2021 di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya)

Rieta Sampadha, Edi Ramawijaya Putra, Purnomo Ratna Paramita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan dan masalah yang banyak terjadi pada pola komunikasi mahasiswa perantau di perguruan tinggi negeri. Masalah penelitian ini adalah banyaknya mahasiswa perantau yang mengikuti kegiatan organisasi di perguruan tinggi negeri, sehingga menyebabkan kurangnya komunikasi mahasiswa perantau dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi mahasiswa perantau dengan orang tua. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media komunikasi yang sering digunakan yaitu WhatsApp dengan memiliki kualitas fitur yang lengkap dan telepon berbasis pulsa; 2) hambatan pola komunikasi mahasiswa perantau meliputi orang tua yang gagap teknologi, kurangnya komunikasi antara mahasiswa perantau dengan orang tua, adanya perbedaan zona waktu, kesibukan, salah penafsiran pesan, adanya ketidakterbukaan, koneksi jaringan yang tidak stabil, keterbatasan pulsa, dan waktu yang terbatas; 3) implikasi dari pola komunikasi yang diterapkan mahasiswa perantau dengan orang meliputi adanya diskusi, kejujuran, interaksi dengan cara tertentu, lebih dekat, lebih terbuka, dan selektif.

Keywords


pola; komunikasi; interpersonal; keluarga

Full Text:

PDF 65-77

References


Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua sebagai Sumber Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 74. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Asmiati, L., Pratiwi, I. A., & Fardhani, M. A. (2021). Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 37.

Cangara, H. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi (5th ed.). Rajawali Pers.

Jalal, A., & Indra, A. P. (2022). Pengaruh Pengetahuan Generasi Z, Persepsi, Danfasilitas Terhadap Preferensi Pada Bank Syariah dengan Sikap sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nisbah, 8(2), 117.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Jujur. Nusa Media. https://tinyurl.com/2k5d6re6

Pratama, A., Cahyaningrum, N., Wulandari, A., & Anggraini, S. Z. (2021). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(5), 719.

Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1).

Rahartri. (2019). Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspiptek). Viisi Pustaka, 21(2), 154.

Sari, P. A., Widiatmaka, P., Gafallo, M. F. Y., Diansyah, Supiandi, H., & Akbar, T. (2022). Coffee Shop Sebagai Ruang Diskusi Bagi Masyarakat Digital Untuk Meminimalisir Berkembangnya Berita Hoax Di Kota

Pontianak. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 16.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (14th ed.). Penerbit Alfabeta.

Yudha, I., Adripen, A., & Marhen, M. (2019). Pola Komunikasi Jarak Jauh Anak dengan Orang Tua Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Iain Batusangkar. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 2–3.

Zikwan, M. (2021). Antara Agama Dan Bisnis Bisnis Dalam Pandangan Islam. Jurnal Al-Id?rah, 2(1), 130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.