Membingkai Politik di Era Media Digital: Analisis Agenda Setting dan Framing dalam Strategi Kampanye Capres 2024 di Indonesia

Chandra Wijaya, Dita Meta Santi, Johanes Aldi Nugroho

Abstract


Pemilihan presiden atau pemilu ditahun 2024 ini menunjukkan adanya pergeseran yang cukup signifikan dalam penggunaan strategi komunikasi politik untuk menjangkau masyarakat luas, adanya penggunaan media sosial seperti tiktok, instagram, dan lain sebagainya sebagai sarana atau alat dalam menyebarkan pesan politik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh kandidat capres dan cawapres dalam membentuk agenda politik serta bagaimana kedua nya membingkai pesan diberbagai platform media digital, dalam upaya nya yaitu untuk dapat menjangkau pemilih muda, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi pustaka yang mana dengan menelaah berbagai sumber ilmiah, jurnal akademik, artikel berita serta juga unggahan postingan dimedia sosial terkait dengan kampanye digital capres. Hasil dari kajian ini menjunjukkan bahwasannya isu isu seperti isu ekonomi kreatif, pendidikan, serta pemberdayaan pemuda secara konsisten sengaja dibingkai untuk dapat menciptakan citra kandidat capres dekat dengan para generasi muda, penelitian ini menyimpulkan bahwasanya tiktok, instagram, dan media digital lainnya itu sangat berperan strategis dalam pembentukan agenda politik serta juga persepsi publik.

Keywords


Kampanye Politik; Media Digital; Tiktok; Instagram; Agenda Setting; Pemilih Muda; Studi Pustaka; Framing; Kualitatif

Full Text:

PDF 23-33

References


Afrita, J. (2024). Pemilu 2024: Meninjau Dampak Kampanye media Sosial terhadap Partisipasi Politik. GEMA PUBLICA, 9(2), 83-95. https://doi.org/10.14710/gp.9.2.2024.1-13

Ahmad, N., Pohan, K. N., Alfira, S., Aufia, K., Paripurna, C. F., & Aji, M. P. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Politik Ridwan Kamil Di media Sosial Instagram dalam Membangun Citra Diri Menuju PILGUB DKI Jakarta 2024. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 4(2), 17. https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1992

Analisis framing: Pemberitaan Kampanye Tiga Pasangan Calon Pilkada Maluku Periode Tahun 2018-2023 pada INews TV Ambon. (n.d.). Jurnal LLDikti Wilayah XII. https://jurnal.lldikti12.id/index.php/kamboti/article/view/33

Ariansyah, M., Hasmawati, F., & Trisiah, A. (2025). Analisis framing Di website CNNindonesia.com (Studi Pada Pemberitaan Nikuba). Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, 2(2), 16. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3824

Fahruji, D., & Fahrudin, A. (2023). Pemanfaatan media Sosial dalam Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024: Studi Kasus tentang Akun media Sosial Partai Politik Dan Politisi. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(2), 118-132. https://doi.org/10.31949/jika.v6i2.6675

Jayus, Sumaiyah, Mairita, D., & Abdullah, A. (2024). Media Sosial sebagai media Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 10(1), 72-81. https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.11468

Pamungkas, R. N., Permadi, D., & Florina, I. D. (2024). Analisis media Sosial Instagram Anies Baswedan sebagai Kampanye Politik Pilpres 2024. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 5(2), 219-230. https://doi.org/10.31539/joppas.v5i2.9633

Peran media sosial DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU POLITIK GENERASI MUDA Di Indonesia: Studi KASUS KAMPANYE prabowo-gibran | Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial. (n.d.). WARUNAYAMA. https://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/11516

Rizanul, R. C., Egistin, D., Jasmine, A., & Juniarto, D. (2025). Analisis Peran media Sosial (TikTok) dalam Dinamika Partisipasi Politik pada Pemilu Presiden 2024. Journal of Social Contemplativa, 3(1), 51-61. https://doi.org/10.61183/jsc.v3i1.91

Sellita. (2022). Media Sosial Dan Pemilu: Studi Kasus Pemilihan Presiden Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 10(3), 1-16. https://doi.org/10.55960/jlri.v10i3.293

Wattimena, D., & Latuheru, R. (2021). Analisis framing: Pemberitaan Kampanye Tiga Pasangan Calon Pilkada Maluku Periode Tahun 2018-2023 pada INews TV Ambon. KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.51135/kambotivol2iss1pp16-25

Yahya, A., Febrianti, D., & Rasyad, I. F. (2024). Strategi Kampanye digital Partai Keadilan Sejahtera Menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 79-86. https://doi.org/10.54082/jupin.254


Refbacks

  • There are currently no refbacks.