KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN BUDDHA DI TANGERANG

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah belum dipahaminya kepuasan mahasiswa
terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan
Buddha di Tangerang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kepuasan mahasiswa
terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan
Buddha di Tangerang. Penelitian juga bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat
kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi ke dalam
kategori tinggi, sedang, dan rendah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha
di Tangerang yang berjumlah 102 orang. Objek penelitian adalah kepuasan mahasiswa
terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi. Penelitian ini merupakan
penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes
menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian yaitu pada Sekolah Tinggi Agama Buddha
Negeri Sriwijaya Tangerang Banten dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Dharma
Widya. Kuesioner menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala Likert. Teknik
analisis data dengan teknik statistika deskriptif menggunakan nilai rata-rata (mean)
dan standar deviasi.
Hasil penelitian menyatakan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan
teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang
sebesar 77,29%. Interpretasi yang didapat dengan mencari interval skor persen
berdasarkan skala Likert menyatakan 77,29% termasuk dalam kategori sangat puas.
Tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 14,00% dalam kategori tinggi, 76,00% kategori
sedang, dan 10,00% dalam kategori rendah. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap
pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di
Tangerang untuk dimensi tangible sebesar 79,73%, dimensi reliability sebesar 76,45%,
dimensi responsiveness sebesar 76,94%, dimensi assurance 77,99%, dan untuk dimensi
emphaty sebesar 75,32%.

Keywords


Kepuasan Mahasiswa, Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha

Full Text:

45-56 PDF

References


Abdullah, Sukirno, Annisa, dkk. 2013. “Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan

Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.†Jurnal

Nominal, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Volume II, Nomor I.

Ekowiswoyo, Rasdi. 2015. “Mutu Layanan dan Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus di

Universitas Negeri Semarang.†Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu

Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 32, Nomor

Ganesh, R. dan Haslinda, A. 2014. “Evolution and Conceptual Development of Service

Quality in Service Marketing and Customer Satisfaction.†International Review of

Management and Business Research, Volume 3, Issue 2.

Heriyanto. 2016. PEST Analysis Sebagai Strategi Peningkatan Pelayanan Perguruan Tinggi

Keagamaan Buddha. Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

____________. 2017. “Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa

Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.†Jurnal

Vijjacariya, Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

____________. 2018. “Strategi Digital Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Indonesia.†Jurusan

Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Indrajit & Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. n.p. n.d. Print.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2017. Survei Penggunaan

TIK Tahun 2017. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan

Komunikasi Publik dan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya

Manusia.

Khodayari, F., & Khodayari, B. 2011. “Service Quality in Higher Education.â€

Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1, h. 38-46.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Print.

____________. 2012. Marketing Management 14th. Prentice Hall, New York. Print.

Larasati, Citra. 2018. Kesenjangan Digital di Indonesia Masih Tinggi.

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0Kvq9nokkesenjangan-

digital-di-indonesia-masih-tinggi (diakses 12 Februari 2019).

Laudon., Kenneth C, Laudon., Jane P. 2012. Management Information Systems: Managing The

Digital Firm, Twelfth Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014, Tentang

Pendidikan Keagamaan Buddha.

Rahmawati, Diana. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang mepengaruhi Kepuasan

Mahasiswa.†Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Economia, Volume 9, Nomor 1.

Romney, Marshal R. & Paul John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta:

Salemba Empat.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Sinambela, P.L. 2010. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima (edisi II).

Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, E., Rainner R.K., dan Potter, Richard E. 2010. Introduction to Information

Technology. 3rd Edition. USA: Wiley.

Ward, John & Joe Peppard. 2002. Strategic Planning For Information System, 2th ed, John

England: Wiley & Sons.

____________. 2002. Strategic Planning for Information System 3nd ed. England: John Wiley &

Sons.

Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.69835/sati.v10i1.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.