PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED REALING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NIGRODHAMIGA JÄ€TAKA

Sujiono Sujiono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca Nigrodhamiga JÄtaka melalui penerapan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermedia powerpoint; (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga  JÄtaka;  (3) mendeskripsikan cara menghadapi hambatan-hambatan dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga JÄtaka.Tempat penelitian adalah SMB Dhamma Loka, Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yaitu: Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermedia powerpoint mengkondisikan siswa tertarik mengikuti pembelajaran. Suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Siswa belajar secara kebersamaan dan lebih komunikatif. Siswa aktif membaca, menuliskan ide-ide penting Nigrodhamiga JÄtaka. Hambatan-hambatan yang dialami dalam Nigrodhamiga JÄtaka, yaitu masih terdapat beberapa siswa kurang respon saat diskusi. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan ide-ide penting Nigrodhamiga JÄtaka. Cara mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga JÄtaka yaitu guru perlu memberikan kesempatan siswa berani berbicara di depan kelas. Memberikan kesempatan yang lebih kepada siswa untuk berlatih menuliskan ide-ide penting dalam Nigrodhamiga JÄtaka.


Keywords


Cooperatif Integrated Realing and Composition, Powerpoint, Membaca, Nigrodhamiga Jātaka

Full Text:

(65-76)PDF

References


Achmad & Alek. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya. Mukti, K.W. (2013). Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan dan Sangha Agung Indonesia. Musfiroh, T. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Saddhono, K. & St. Y. Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu. Slavin Robert E. (2005). Cooperatative Learning: Theory, Research and Practice (Penerjemah Narulita Yusron: Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Uno, H.B. & Nurdin Mohamad. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM:Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara. VijjÄnanda, H. (2015). JÄtaka Kisah Kelahiran Lampau Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v6i1.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://kpabangalore.com/

https://disdiksumsel.com/

https://jennifer-campbell.com/

EMAS787

EMAS787

situs toto toto slot toto slot situs togelbandar togel online