Analisis Teori Belajar Kognitif dalam Motivasi Belajar Siswa Sekolah Minggu Buddha Chotipanno

Agga Saccaka, Endi Endi, Inung Kurnia Alim

Abstract


Rata-rata usia anak sekolah minggu Buddha adalah masa-masa disaat mereka sering kali lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain, dimana peneliti ketahui banyaknya siswa yang enggan untuk mengikuti Sekolah Minggu Buddha disebabkan oleh hal tersebut. Penelitian ini betujuan untuk membantu siswa lebih termotivasi mengikuti sekolah minggu buddha melalui teori belajar kognitif sebagai implementasi proses belajar mengajar siswa di Sekolah Minggu Buddha. Adapun metodelogi yang dipergunakan dalam melakukan kajian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil utama dari kajian ini menunjukan bahwa siswa Sekolah Minggu Buddha Chotipanno memilki tingkat motivasi yang cukup untuk mengikuti kegiatan Sekolah Minggu Buddha. Terdapat beberapa pemanasan sebelum, pertengahan, maupun di akhir kegiatan berupa ice breaking. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa sekolah minggu tidak merasa jenuh kembali akan memulai kegiatan. Dimana dari hasil tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa motivasi belajar di Sekolah Minggu Buddha Chotipanno cukup baik tetapi dalam perkembangan kognitif atau pengetahuannya masih harus diperdalam kembali. Mereka menganggap bahwa dalam kegiatannya hanya belajar tidak ada keseruan seperti halnya jika bermain dengan teman sebaya di rumah. Kontribusi untuk lapangan pada kajian ini adalah memberi motivasi pada siswa Sekolah Minggu Buddha yang semula enggan mengikuti kegiatan menjadi lebih bersemangat dan lebih maksimal. 

Keywords


teori kognitif, metode kualitatif, motivasi belajar, sekolah minggu chotipanno

Full Text:

PDF 1-10

References


Aling, T. (2021). Korelasi antara Motivasi Gaya Belajar dengan Nilai Kognitif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2-3.

Anggraini, I. S. (2011). Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2 (1).

Ariesta, F. W. (2021, Juli 08). Implementasi Teori Belajar Kognitivisme dalam Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner. Diambil kembali dari Binus University: https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/implementasi-teori-belajar-kognitivisme-dalam-pandanganjean-piaget-dan-jerome-bruner/

Dewi, T. P. (2020, Oktober 08). Menganalisis Teori Belajar Kognitif. Diambil kembali dari Unesa.ac.id: http://tiarapuspitadewi.blog.unesa.ac.id/menganalisis-teori-belajar-kognitif

Emda , A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 2 (5) 93-196.

Hardika, Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu pengetahuan, 2 (22).

Huda, F. A. (2018, Februari 21). Pengertian Keaktifan Belajar. Diambil kembali dari Fatkhan.web.id: https://fatkhan.web.id/pengertian-keaktifan-belajar/

Muhammad , M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 2 (4).

Nurani, M. H. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif melalui Metode Teams Games Tournaments dengan strategi Peta Konsep pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3 (2) 222-226.

Nurcahya, A. (2018, Mei 26). Lemahnya Motivasi Belajar Pada Siswa disekolah. Diambil kembali dari Kumparan.com: https://kumparan.com/alsri-nurcahya/lemahnya-motivasi-belajar-pada-siswa-di-sekolah-1527306102088

Nurhadi. (2020). Teori Kognitipisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains, 1 (2) 77-95.

Rachman, M. (2015). Teori Belajar dan MOTIVASI. Semarang: Lembaga pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang.

Sereliciouz. (2022, Maret 01). Motivasi Belajar Siswa: Jenis & cara Meningkatkannya. Diambil kembali dari quipper: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/motivasi-belajar-siswa/

Sukma, V. M. (2022). Analisis Motivasi Belajar siswa dengan kemampuan Kognitif yang tinggi di kelas 3C MIN 1 kota Malang. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1) 63-77.

Thabroni, G. (2022, Maret 08). Teori Belajar Kognitif - Pengertian, Ciri, Prinsip, dsb. Diambil kembali dari serupa.id: https://serupa.id/teori-belajar-kognitif-pengertian-ciri-prinsip-dsb/




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v11i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.