Pentingnya Etika Dalam Pendidikan Agama Buddha
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali pentingnya etika dalam pendidikan agama Buddha di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur untuk mengumpulkan informasi terkait. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa etika memainkan peran penting dalam agama Buddha. Etika membantu individu mencapai kebahagiaan, kedamaian, serta memahami dan menerapkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, etika juga berperan dalam meningkatkan kualitas hidup, mengurangi penderitaan, dan mengembangkan rasa empati serta kasih sayang terhadap makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, pendidikan agama Buddha perlu memperkenalkan dan mengajarkan etika kepada siswa agar mereka dapat memahami dan mengaplikasikan ajaran Buddha dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDF 70-77References
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Etika Dalam Pendidikan Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Darma Handika, D. H. (2021). Peran Sigalovada Sutta Dalam Pendidikan Karakter Remaja. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 7(1), 37–54. https://doi.org/10.53565/abip.v4i1.296
Dr. Sonny Sutrisna, S.Pd., M. A. (n.d.). Etika dalam Pendidikan Buddha.
Fernandes, H. P. (2014). Pendidikan Agama. 1384, 139.
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). Etika dan Moral dalam Pembelajaran.
Ismoyo, T. (2020). Konsep Pendidikan Dalam Pandangan Agama Buddha. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v2i1.19
Ismoyo, T., Lisniasari, L., & Boniran, B. (2021). Peran Ilmu Pengetahuan Agama Buddha Dalam Konstruksi Etika Sosial Dan Spirtual Masyarakat. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 3(2), 84–92. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i2.48
P.Priyoyuwono. (n.d.). Etika Pendidikan Kbli. Etika Pendidikan, 1, 1–121.
Purwono. (2008). studi kepustakaan. In Universitas gajah mada (pp. 66–72).
Ruslan. (2018). Etika Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(1), 59–72. http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah
Sapardi, S. (2020). Pendidikan dalam Keluarga Berbasis Etika Buddha. Infrensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 141–158. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.141-158
SigalovÄda Sutta, D. N. (2009). No Title. 491(Walshe, Maurice).
Tas’adi, R. (2016). Pentingnya Etika Dalam Pendidikan. Ta’dib, 17(2), 189. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.272
UURI NO 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yangmaha Esa Presiden Republik Indonesia. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi
Wijaya, K. M. (2006). Wacana buddha dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan.
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v10i2.297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: