Pelaksanaan Keterampilan Variasi Mengajar Dalam Peningkatan Kualitas Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Di SD Ariya Metta
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bahwa pendidikan Buddha terasa monoton. Masalah ini telah diatasi melalui berbagai metode pembelajaran. Oleh karena itu, para peneliti melakukan studi mengenai implementasi variasi keterampilan yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Buddha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan menggambarkan variasi dalam implementasi keterampilan yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Buddha di Sekolah Dasar Ariya Metta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan implementasi variasi keterampilan yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Buddha. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik model analisis Miles-Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi keterampilan yang diajarkan dalam berbagai pembelajaran Buddha di Sekolah Dasar Ariya Metta mencakup beragam gaya pengajaran, beragam media dan materi pengajaran, serta variasi dalam pola interaksi dalam pembelajaran. Beragam gaya pengajaran mencakup variasi dalam suara, gerakan dan ekspresi wajah, kontak mata, keheningan, fokus, dan perubahan posisi guru. Beragam media dan materi pembelajaran mencakup media visual, audio, dan taktil. Pola interaksi mencakup pembelajaran satu arah dan dua arah.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar adalah implementasi variasi dalam pembelajaran. Meskipun pembelajaran terlihat baik dan lancar, namun kenyataannya terdapat kendala yang dihadapi oleh para guru, seperti kurangnya alat dan media pembelajaran, kesulitan dalam menemukan media yang dibutuhkan, dan terkadang kurangnya persiapan guru dalam menggunakan media tersebut.
Berdasarkan hasil ini, penulis menyimpulkan bahwa implementasi variasi keterampilan pengajaran dalam pembelajaran agama di Sekolah Dasar Ariya Metta Buddha dilaksanakan melalui beragam gaya pengajaran, media, dan materi pengajaran, serta pola interaksi dalam pembelajaran. Penulis merekomendasikan agar implementasi variasi keterampilan pengajaran dalam pembelajaran agama di Sekolah Dasar Ariya Metta Buddha ditingkatkan lebih lanjut sehingga pembelajaran tidak membosankan dan hasil pembelajaran dapat ditingkatkan. Kata kunci: Variasi Keterampilan Pengajaran, Kualitas Hasil Belajar, dan Pendidikan.
Keywords
Full Text:
43-53 PDFReferences
Aggabalo. (2007). Dhanunapada Atthakatha. Jakarta: Perpustakaan Narada.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, J.J., & Mudjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata, Nana S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi 4. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v2i1.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: