Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa di STABN Sriwijaya. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa STABN Sriwijaya semester genap tahun akademik 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Penelitian ini melibatkan seluruh populasi mahasiswa STABN Sriwijaya di Tangerang Banter, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 116 orang.

Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan lima klasifikasi skala likert. Pengujian statistik melibatkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya hubungan positif antara Pelayanan dan Fasilitas dengan Kepuasan Mahasiswa. Kenaikan kualitas Pelayanan dan Fasilitas berkontribusi pada peningkatan Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 73,4%. Secara parsial, Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya, demikian juga dengan Fasilitas.

 

Keywords


Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Mahasiswa, STABN Sriwijaya.

Full Text:

1-14 PDF

References


Abdullah Sukimo, Annisa, dkk. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Volume II Nomor I.

Ayu, Gust. 2010. Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan. Fakultas FMIPA, Universitas Udayana.

Furgon, Chairul. 2008. Kualitas Pelayanan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi, Volume IV, No. 4, Program Studi Manajemen, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Rinala, Yudana, Natajaya. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Ilmiah, volume 4, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan.

Kotler, Armstrong. 2014. Principles of Marketing. Global Edition. Pearson, England.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Cetakan Kedua Belas, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management 14th Edition. Prentice Hall, New York.

Nugraha, Reni Amaranti. 2012. Analisis Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik di Perguruan Tinggi. Prosiding SnaPP2012 Sains, Teknologi, dan Kesehatan, ISSN: 20894582.

Nugroho, Wahyu. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. IPB Press, Bogor.

Puja Subekti. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Ketua, Kompetensi Dosen, dan Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur.

Rangkuti, Fredy. 2011. Riset Pemasaran. Gramedia, Jakarta.

Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti. 2011. Manajemen Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v4i1.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.