Kompetensi Literasi Media Digital Siswa Kelas X Pada Sma Beryayasan Buddhis Dl Tangerang
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi literasi media digital siswa kelas X pada SMA beryayasan buddhis di Tangerang. Tujuan penelitian untuk mengetahui kompetensi literasi media digital siswa kelas X. Tingkat kompetensi literasi media digital dilakukan dengan memberikan kategori (tinggi, sedang, dan rendah) yang diukur menggunakan dimensi digital literacy competencies. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 114 orang. Objek penelitian adalah kompetensi literasi media digital siswa kelas X pada SMA beryayasan buddhis di Tangerang. Penentuan sampel dilakukan dengan random sampling melalui area sampling. Pengumpulan data dengan teknik non tes menggunakan kuesioner menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala Likert. Lokasi penelitian di SMA Atisa Dipamkara, SMA Perguruan Buddhi, SMA Dharma Putra, dan SMA Ehipassiko School. Teknik analisis data dengan teknik statistik deskriptif menggunakan nilai rata-rata dan standar deviasi. Hasil penelitian menyatakan tingkat kompetensi literasi media digital siswa SMA kelas X pada sekolah beryayasan buddhis di Tangerang sebesar 72,39%. Sedangkan kategori tingkatan kompetensi Internet Searching untuk setiap responden berada pada 21,93% kategori tinggi, 64,04% sedang, dan 14,04% kategori rendah. Tingkat kompetensi literasi media digital siswa kelas X dilihat dari dimensi Hypertextual Navigation sebesar 64,73%, dengan kategori tinggi sebesar 17,54%, sedang 65,79%, dan 16,67% rendah. Tingkat kompetensi literasi media digital siswa kelas X dilihat dan dimensi Content Evaluation sebesar 70,87%, kategori tinggi sebesar 17,54%, sedang 65,79%, dan rendah 16,67%. Tingkat kompetensi literasi media digital siswa kelas X dilihat dan dimensi Knowledge Assembly sebesar 71,43%, sebesar 20,18% kategori tinggi, 64,91% sedang, dan 14,91% kategori rendah
Keywords
Full Text:
PDF 17-23References
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur penelitian,Suatu Pendekatan politik Jakarta, Rineka Cipta.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Penetrasi dan Prilaku Pengguna Internet di Indonesia. Infografis, APJII Survei 2016.
Beetham, Helen. 2015. Deepening Digital Know-How: Building Digital Talent. nsc. Davis, Charles H, Shaw, Debora. 2011. Introduction to Information Science and Technology. Information Today: new Jersey.
Gilster, Paul. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley.
Indrajit dan Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. n.p. n.d. Print. Internet World Stat. 2017. http://www.intemetworldstats.com/stats.htm (diakses 17 Juli 2017).
Jeffrey,L., Hegarty, B., et al. 2011. Developing Digital Information Literacy in Higher Education: Obstacles and Supports. Journal of Information Technology Education, Volume 10.
Mcmahon, Mark T. 2014. Ensuring the development of Digital Literacy in higher education curricula. Edith Cowan University Australia.
Rezha Rosita Amalia. 2016. Urgensi Literasi Digital untuk Pelajar SMA ,Penelitian Survei Tingkat Literasi Digital Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Perpustakaan Pusat UGM. Universitas Gadjah Mada.
Ryberg, T., & Georgsen, M., 2010. Enabling Digital Literacy: Development of Meso¬Level Pedagogical Approaches. Universitetsforlaget. Nordic Journal of Digital Literacy, Vol. 5, 2010, NR 02, 88-100.
Siswoyo, Dwi, dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Tuti Andriani. 2018. Pengaruh Digital Literacy dan Konsep Diri Akademik terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siszva SMA Dharma Putra. Skripsi,
Prodi Pendidikan Agama Buddha, Jurusan Dharmacarya, STABN
Sriwijaya.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Keagamaan Buddha.
Qory Qurratun A'yuni. 2015. Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya (studi deskriptif tentang tingkat kompetensi literasi digital pada remaja smp, sâ–ºna dan mahasiswa di kota surabaya). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlanzga.
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v5i2.366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: