Kompetensi Literasi Media Digital Siswa Kelas X Pada Sma Beryayasan Buddhis Dl Tangerang

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi literasi media digital siswa kelas X pada SMA beryayasan buddhis di Tangerang. Tujuan penelitian untuk mengetahui kompetensi literasi media digital siswa kelas X. Tingkat kompetensi literasi media digital dilakukan dengan memberikan kategori (tinggi, sedang, dan rendah) yang diukur menggunakan dimensi digital literacy competencies. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 114 orang. Objek penelitian adalah kompetensi literasi media digital siswa kelas X pada SMA beryayasan buddhis di Tangerang. Penentuan sampel dilakukan dengan random sampling melalui area sampling. Pengumpulan data dengan teknik non tes menggunakan kuesioner menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala Likert. Lokasi penelitian di SMA Atisa Dipamkara, SMA Perguruan Buddhi, SMA Dharma Putra, dan SMA Ehipassiko School. Teknik analisis data dengan teknik statistik deskriptif menggunakan nilai rata-rata dan standar deviasi. Hasil penelitian menyatakan tingkat kompetensi literasi media digital siswa SMA kelas X pada sekolah beryayasan buddhis di Tangerang sebesar 72,39%. Sedangkan kategori tingkatan kompetensi Internet Searching untuk setiap responden berada pada 21,93% kategori tinggi, 64,04% sedang, dan 14,04% kategori rendah. Tingkat kompetensi literasi media digital siswa kelas X dilihat dari dimensi Hypertextual Navigation sebesar 64,73%, dengan kategori tinggi sebesar 17,54%, sedang 65,79%, dan 16,67% rendah. Tingkat kompetensi literasi media digital siswa kelas X dilihat dan dimensi Content Evaluation sebesar 70,87%, kategori tinggi sebesar 17,54%, sedang 65,79%, dan rendah 16,67%. Tingkat kompetensi literasi media digital siswa kelas X dilihat dan dimensi Knowledge Assembly sebesar 71,43%, sebesar 20,18% kategori tinggi, 64,91% sedang, dan 14,91% kategori rendah


Keywords


literasi, literasi media digital, leterasi siswa Buddhis

Full Text:

PDF 17-23

References


Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur penelitian,Suatu Pendekatan politik Jakarta, Rineka Cipta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Penetrasi dan Prilaku Pengguna Internet di Indonesia. Infografis, APJII Survei 2016.

Beetham, Helen. 2015. Deepening Digital Know-How: Building Digital Talent. nsc. Davis, Charles H, Shaw, Debora. 2011. Introduction to Information Science and Technology. Information Today: new Jersey.

Gilster, Paul. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley.

Indrajit dan Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. n.p. n.d. Print. Internet World Stat. 2017. http://www.intemetworldstats.com/stats.htm (diakses 17 Juli 2017).

Jeffrey,L., Hegarty, B., et al. 2011. Developing Digital Information Literacy in Higher Education: Obstacles and Supports. Journal of Information Technology Education, Volume 10.

Mcmahon, Mark T. 2014. Ensuring the development of Digital Literacy in higher education curricula. Edith Cowan University Australia.

Rezha Rosita Amalia. 2016. Urgensi Literasi Digital untuk Pelajar SMA ,Penelitian Survei Tingkat Literasi Digital Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Perpustakaan Pusat UGM. Universitas Gadjah Mada.

Ryberg, T., & Georgsen, M., 2010. Enabling Digital Literacy: Development of Meso¬Level Pedagogical Approaches. Universitetsforlaget. Nordic Journal of Digital Literacy, Vol. 5, 2010, NR 02, 88-100.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Tuti Andriani. 2018. Pengaruh Digital Literacy dan Konsep Diri Akademik terhadap

Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siszva SMA Dharma Putra. Skripsi,

Prodi Pendidikan Agama Buddha, Jurusan Dharmacarya, STABN

Sriwijaya.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Keagamaan Buddha.

Qory Qurratun A'yuni. 2015. Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya (studi deskriptif tentang tingkat kompetensi literasi digital pada remaja smp, sâ–ºna dan mahasiswa di kota surabaya). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlanzga.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v5i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situsaka4d.com

situsneko77.com

slot gacor

slot gacor online

login dewaslot88

link alternatif rr777

Strategi Free Spin Mahjong Ways

slot demo pg

INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

POSKOBET

Bos88

slot scatter hitam

Luxury777

situs slot gacor

slot

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

Luxury777

Luxury138

Slot Gacor

toto slot

toto togel

toto slot

toto slot

toto slot

toto slot

slot777

situs toto

ceri123

slot gacor situs toto toto slotjuara228 situs toto toto slot

situs slot gacor

toto slot

situs toto agentotoplay batmantoto batmantoto birototo

slot gacor

ISTANA62

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://se.net.ua/

4d

COLOKTOTO

birototo

coloktoto

batmantoto

coloktoto

coloktoto

TOTOMANTAP

TOTOMANTAP

IMPERIALTOTO

TOTOMANTAP

IMPERIALTOTO

birototo

toto slot

situs toto

toto slot

situs togel

demo slot

link gacor

msislot

borneo303

situs togel

situs togel

BIROTOTO

COLOKTOTO

laetoto

gacor66

BATMANTOTO

BRI303

SLOT GACOR

SLOT88

SLOT777

SURYA898

toto slot

toto slot

toto slot