Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Buddha terhadap Pelayanan Teknologi dan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang

Heriyanto Heriyanto, Hendrian Yonata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Buddha (Prodi PAB) terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) di Tangerang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkategorikan tingkat kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian melibatkan 86 mahasiswa Prodi PAB di PTKB Tangerang. Objek penelitian adalah kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik kuesioner sebagai alat pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang mencapai 77,28%. Berdasarkan interval skor persen pada skala Likert, hasil ini termasuk dalam kategori sangat puas. Tingkat kepuasan mahasiswa terbagi menjadi 14,00% dalam kategori tinggi, 79,00% dalam kategori sedang, dan 7,00% dalam kategori rendah.

Secara rinci, tingkat kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang untuk dimensi tangible mencapai 79,51%, dimensi reliability sebesar 76,82%, dimensi responsiveness sebesar 77,17%, dimensi assurance sebesar 77,42%, dan dimensi empathy sebesar 75,56%. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi yang diberikan oleh PTKB di Tangerang.


Keywords


Kepuasan Mahasiswa, PTKB

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sukirno, Annisa, dkk. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, II(I).

Ekowiswoyo, Rasdi. (2015). Mutu Layanan dan Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1).

Ganesh, R. dan Haslinda, A. (2014). Evolution and Conceptual Development of Service Quality in Service Marketing and Customer Satisfaction. International Review of Management and Business Research, 3(2).

Heriyanto. (2016). PEST Analysis Sebagai Strategi Peningkatan Pelayanan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha. Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Heriyanto. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Jurnal Vijjacariya, Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Heriyanto. (2018). Strategi Digital Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Indonesia. Jurusan Dharmacarya, STABN Sriwijaya.

Indrajit & Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Modern.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2017). Survei Penggunaan TIK Tahun 2017. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik dan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Khodayari, F., & Khodayari, B. (2011). Service Quality in Higher Education. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1(3).

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Larasati, Citra. (2018). Kesenjangan Digital di Indonesia Masih Tinggi. (Diakses 12 Februari 2019, dari https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0Kvq9nokkesenjangan-digital-di-indonesia-masih-tinggi).

Laudon, Kenneth C., & Laudon, Jane P. (2012). Management Information Systems: Managing The Digital Firm, 12th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Keagamaan Buddha.

Parasuraman, Zeithaml, Berry L. (1985). Problems and Strategies in Services Marketing. Journal of Marketing, Vol. 49. (Spring).

Rahmawati, Diana. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1).

Romney, Marshall R. & Paul John Steinbart. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinambela, P.L. (2010). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi II. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, E., Rainer, R.K., & Potter, Richard E. (2010). Introduction to Information Technology. 3rd Edition. USA: Wiley.

Ward, John & Joe Peppard. (2002). Strategic Planning for Information Systems, 2nd Edition. John England: Wiley & Sons.

Ward, John. & Joe Peppard. (2002). Strategic Planning for Information Systems, 3rd Edition. England: John Wiley & Sons.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v6i2.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.