Hubungan Pemahaman Meditasi VipassanÄ Dengan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tingginya jumlah tindakan kekerasan dalam masyarakat yang disebabkan oleh rendahnya kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemahaman meditasi vipassanÄ dan kecerdasan emosional mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten pada tahun ajaran 2014/2015, semester 4, 6, dan 8. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan dengan instrumen berupa angket yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana. Analisis data dilakukan menggunakan komputer dengan SPSS Statistics Versi 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pemahaman meditasi vipassanÄ dan kecerdasan emosional mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten dengan nilai F sebesar 49,719 dan probabilitas (p) sebesar 0,000. Nilai korelasi (r) yang diperoleh adalah 0,554 (kategori sedang). Kontribusi yang diberikan oleh pemahaman meditasi vipassanÄ (X) terhadap kecerdasan emosional mahasiswa (Y) adalah sebesar 30,7%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa ada hubungan antara pemahaman Meditasi VipassanÄ dan kecerdasan emosional mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.
Keywords
Pemahaman, Meditasi VipassanÄ, Kecerdasan Emosional, Mahasiswa
Full Text:
48-51 PDFReferences
Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intellegence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Hamid, Azhar. 2007. Panduan Mennngkatkan Kecerdasan Emosi. Selangor: PTS
Publication & Distributors Sdn. Bhd.
Mahavirothavaro, dkk. 2009. Meditasi 2. CV. Yanwreko Wahana Karya. Narotama.
Tanpa Tahun. Kamus Buddha Dharma: lembaga penterjemah kitab suci
tripitaka.
Sukmadinata, Nana S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Supardi. 2011. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT Ufuk Publishing
House.
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v2i2.458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: