Pendidikan Karakter dalam Pandangan Agama Buddha

Dama Vidya, Sri Utami

Abstract


Pendidikan karakter penting untuk membentuk peserta didik yang beretika, bijaksana, dan berkontribusi positif kepada masyarakat. Dalam perspektif Buddhis, pendidikan karakter memegang peranan penting. Artikel ini mengulas konsep-konsep utama dan nilai-nilai yang diajarkan Buddha yang dapat menjadi dasar pendidikan karakter. Dalam agama Buddha, karakter yang baik didasarkan pada prinsip-prinsip moral seperti kebaikan, kejujuran, dan kasih sayang. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur. Tinjauan Pustaka merupakan proses penyelidikan atau peninjauan pustaka yang relevan dengan topik peneliti atau penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan dan menganalisis konsep-konsep dan nilai-nilai pokok dalam ajaran Buddha yang dapat menjadi landasan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dalam konteks ini merujuk pada upaya membentuk peserta didik agar memiliki kualitas moral dan etika yang kuat, sehingga mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.


Keywords


Pendidikan, Karakter, Pandangan Agama Buddha

Full Text:

PDF 11-19

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arifin, R., Tinggi, S., Buddha, A., & Widya, D. (n.d.). Pendidikan karakter dalam perspektif agama Buddha. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/Kalangwan

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Hamdi, M. M., Yusuf, M., & Jawhari, A. J. (2023). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1).

Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter, konstruksi teoretik dan praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mahruzah Yulia, N., Suttrisno, Sa’diyah, Z., & Ni’mah, D. (2023). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan profil pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 429–441. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1204

Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 1(1), 115–124. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter. Salatiga: Erlangga.

Ismoyo, T. (2020). Konsep pendidikan dalam pandangan agama Buddha. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 2, 56–62.

Keban, Y. B. (2022). Pentingnya pendidikan karakter di era Society 5.0. Jurnal Reinha, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.56358/ejr.v13i1.123

Zuriah, N. (2007). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v11i1.488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://kpabangalore.com/

https://disdiksumsel.com/

https://jennifer-campbell.com/

EMAS787

EMAS787

situs toto toto slot toto slot situs togelbandar togel online