Need Analysis Kebutuhan Bahasa Inggris Jurusan Dharmacarya Pada PTAB Di Indonesia
Abstract
Penelitian in bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar bahasa inggris pada
Jurusan Dharmacarya pada PTAB di Indonesia. Menggunakan metode need analysis
penelitian ini mengungkap terdapat empat urgensi pemetaan kebutuahan belajara
bahasa inggris melalui parameter alumni, pengguna, dosen pengampu mata kuliah
bahasa inggris dan mahasiswa aktif Jurusan Dharmacarya. Temuan-temuan tersebut
terdaapat berbagai perubahan dan usulan pada kerangka kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Keempat
identifikasi kebutuhan belajar tersebut mengindikasikan adanya ketidakcocokan antara
proses pembelajaran bahasa inggris pada struktur kurikulum dengan kebutuhan
pengguna dan ekspektasi pengguna Jurusan Dharmacarya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albassri, I. A. (2016). Needs-analysis-informed teaching for English for specific purposes. Electronic Theses, Projects, and Dissertations, Paper 274.
Belcher, D. (2006). English for specific purposes: Teaching to perceived needs and imagined futures in worlds of work, study and everyday life. TESOL Quarterly, 40(1), 133-156.
Chen, I. J., et al. (2016). I learn what I need: Needs analysis of English learning in Taiwan. Journal of Educational Research, 1(4), 1-5.
Dudley-Evans, T., & St. John, M. (1998). Developments in English for specific purposes: A multi-disciplinary approach. Cambridge University Press.
Graves, K. (2000). Designing language courses: A guide for teachers. Heinle & Heinle Publishers.
Hutchinson, T., & Waters, A. (1987). English for specific purposes: A learning-centred approach. Cambridge University Press.
Lee, C. L. (2016). Principles and practice of ESP course design: A case study of University of Science and Technology. International Journal of Learning and Educational Research, 5(2), 94-105.
Lorenzo, F. (2005). Teaching English for specific purposes. UsingEnglish.com.
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v7i1.595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY:




View My Stats
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.