Interaksi Edukatif Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha

Kunarso Kunarso, Mulyana Mulyana, Tri Amiro

Abstract


Penelitian ini didasari atas beberapa permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Beberapa permasalahan dalam pendidikan meliputi belum tercapainya tujuan pendidikan, rendahnya kualitas hidup masyarakat, hubungan kurang harmonis antara siswa dan guru, permasalahan psikis siswa yang menghambat pembelajaran, rendahnya minat dan motivasi belajar, serta perilaku buruk siswa dan tindakan kasar guru yang merugikan fisik maupun mental. Penelitian ini berfokus pada interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interaksi guru dan siswa, siswa dan guru, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam interaksi edukatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMKN 1 Cluwak. Subjek penelitian yakni guru dan siswa beragama Buddha. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan. Uji keabsahan atau validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk interaksi yang dilakukan guru dan siswa, yakni saat di dalam kelas dan di luar kelas namun masih di sekolah. Interaksi yang dilakukan di dalam kelas terjadi saat proses belajar berlangsung, sedangkan interaksi luar kelas terjadi saat kegiatan belajar tidak berlangsung. Kendala-kendala yang dihadapi dalam interaksi edukatif dapat digolongkan menjadi dua macam yakni fisik dan psikologis. Hambatan fisik bersumber dari luar diri siswa seperti penggunaan media pembelajaran serta metode mengajar guru. Sedangkan hambatan psikologis bersumber dari dalam diri siswa dan guru, sebagai contoh adanya karakter psikologis yang ada di dalam diri.


Keywords


interaksi;edukatif;guru;siswa;pembelajaran;pendidikan;agama Buddha

Full Text:

PDF 59-77

References


Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2019). Pemberian penguatan (reinforcement) verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII MTsN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.

Asih, B., & Sulaiman. (2021). Buku panduan guru pendidikan agama Buddha dan budi pekerti SD kelas 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bakri. (2019). Hilangnya rasa hormat siswa kepada guru. Retrieved February 5, 2022, from https://aceh.tribunnews.com

Dasminar. (2018). Survei tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Inuman. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 65–75.

Fahyuni, E. F., & Istikomah. (2016). Psikologi belajar & mengajar. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fahlevi, F. (2021). Nadiem nilai pendidikan di Indonesia sudah ketinggalan sebelum pandemi. Retrieved February 5, 2022, from https://www.tribunnews.com

Febrianta, Y., & Fauzan, A. (2019). Hambatan komunikasi guru pada proses pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Kembaran. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 27. https://doi.org/10.30595/dinamika.v11i1.5982

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Handika, D. (2021). Peran Sigalovada Sutta dalam pendidikan karakter remaja. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan, 4(1), 37–54.

Harahap, E. S. (2016). Implementasi interaksi edukatif antara guru dan siswa di kelas 1 Aliyah pada Yayasan Perguruan Zending Islam Indonesia Medan (Tesis). Universitas Negeri Islam Sumatera Utara.

Inah, N. E. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Jurnal Al’tadib, 8(2), 150–167.

Ismoyo, T. (2020). Konsep pendidikan dalam agama Buddha. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer, 2(1), 56–63.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Al-Muarabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Kumari, W., & Lisniasari. (2021). Pelaksanaan pendidikan agama Buddha pada sekolah dasar. Jurnal Ikraith Humaniora, 5(3), 86–91.

Leonard. (2015). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Jurnal Formatif, 5(3), 192–201.

Magdalena, M. (2018). Melatih kepercayaan diri siswa dalam menyatakan tanggapan dan saran sederhana melalui penguatan pujian pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 237–245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282

Mahasthavira, T. P. (2010). Tugas guru dan kewajiban umat Buddha. Majalah Harmoni. Retrieved from https://www.majalahharmoni.com/daftar-isi-majalah/edisi-18/tugas-guru-kewajiban-umat-buddha/

Monica, A. (2020). Profil guru ideal dalam perspektif siswa Madrasah Aliyah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 344–360.

Ningsih, T. H. (2017). Inilah masalah langganan siswa yang guru BK wajib tahu. Retrieved February 2, 2022, from https://surabaya.tribunnews.com

Normina. (2017). Interaksi edukatif dalam komunikasi pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 62–72.

Nurhalim, S. (2019). Cerita lengkap kasus guru tampar 13 murid di Kota Pasuruan yang viral. Retrieved February 5, 2022, from https://news.detik.com

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Buddha.

Rachman, A. (2022). Nadiem Makarim sebut Indonesia masuki masa krisis pembelajaran. Retrieved February 2, 2022, from https://nasional.tempo.co

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Rivaie, W., Halifah, R., & Supriadi. (2016). Analisis interaksi edukatif guru dan siswa meningkatkan motivasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri 1 Singkawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–18.

Sudaningsih, I. V. (2020). Interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 300–309.

?hitakum?ro, W. (2010). Sutta Pitaka khuddakanik?ya dhammapada a??hakath? 1.

Tim Penerjemah. (2009). Khotbah-khotbah panjang Sang Buddha Digha Nikaya. Dhammacitta Press: Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2022.

Wicaksono, A. A. (2017). Hubungan interaksi edukatif dan kedisiplinan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Wismabrata, M. H. (2019). Korban bullying di kelas terjadi saat guru mengajar hingga korban patah hidung. Retrieved February 5, 2022, from https://regional.kompas.com




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v11i2.614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://kpabangalore.com/

https://disdiksumsel.com/

https://jennifer-campbell.com/

EMAS787

EMAS787

situs toto toto slot toto slot situs togelbandar togel online