PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED REALING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NIGRODHAMIGA JĀTAKA

Sujiono Sujiono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca Nigrodhamiga Jātaka melalui penerapan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermedia powerpoint; (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga  Jātaka;  (3) mendeskripsikan cara menghadapi hambatan-hambatan dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga Jātaka.Tempat penelitian adalah SMB Dhamma Loka, Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yaitu: Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermedia powerpoint mengkondisikan siswa tertarik mengikuti pembelajaran. Suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Siswa belajar secara kebersamaan dan lebih komunikatif. Siswa aktif membaca, menuliskan ide-ide penting Nigrodhamiga Jātaka. Hambatan-hambatan yang dialami dalam Nigrodhamiga Jātaka, yaitu masih terdapat beberapa siswa kurang respon saat diskusi. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan ide-ide penting Nigrodhamiga Jātaka. Cara mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga Jātaka yaitu guru perlu memberikan kesempatan siswa berani berbicara di depan kelas. Memberikan kesempatan yang lebih kepada siswa untuk berlatih menuliskan ide-ide penting dalam Nigrodhamiga Jātaka.


Keywords


Cooperatif Integrated Realing and Composition, Powerpoint, Membaca, Nigrodhamiga Jātaka

Full Text:

(65-76)PDF

References


Achmad & Alek. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya. Mukti, K.W. (2013). Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan dan Sangha Agung Indonesia. Musfiroh, T. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Saddhono, K. & St. Y. Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu. Slavin Robert E. (2005). Cooperatative Learning: Theory, Research and Practice (Penerjemah Narulita Yusron: Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Uno, H.B. & Nurdin Mohamad. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM:Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara. Vijjānanda, H. (2015). Jātaka Kisah Kelahiran Lampau Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats