Penerapan Praktik Meditasi Di Sekolah Berbasis Buddhis Banten

Purnomo Ratna Paramita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai praktik meditasi di sekolah-sekolah berbasis Buddha di Banten. Sekolah-sekolah tersebut meliputi: Sekolah Dharma Putra, Sekolah Ariya Metta, Sekolah Atisa Dipamkara, Sekolah Jaya Manggala, Sekolah Bodhisatta, Sekolah Punna Karya, Perguruan Buddhi, dan Sekolah Ehipassiko. Penelitian ini berfokus pada nama, jenis, tujuan, waktu pelaksanaan, lokasi, dan posisi meditasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik meditasi di sekolah-sekolah berbasis Buddha di Banten didasarkan pada ajaran Buddha dengan berbagai nama, jenis, waktu, lokasi, dan posisi meditasi, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk karakter positif siswa.

Keywords


buddhis, meditasi, sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1975). Introduction to Qualitative Research Method. New York: John Wiley and Sons.

Bramantyo, H. (2015). Meditasi Buddhis: Sarana untuk Mencapai Kedamaian dan Pencerahan Batin. Orientasi Baru, 24(1).

Buddhaghosa, H. (2010). The Path of Purification: Visuddhimagga (Nyanamoli Himi, Trans.). Kandy: Buddhist Publication Society.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Analisis Data Kualitatif (T. R. Rohidi, Trans.). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pinazo, D., Garcia-Prieto, L. T., & Garcia-Castellar, R. (2020). Implementation of a Program Based on Mindfulness for The Reduction of Aggressiveness in The Classroom. Revista de Psicodidactica, 25(1), 30-35.

Rose, C., & Nicholl, M. J. (2002). Accelerated Learning for the 21st Century: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Jakarta: Nuansa.

Setyadi, D., Kustiani, & Sukodoyo. (2020). Makna Meditasi Vipassan? Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra. Jurnal Pencerahan, 13(1), 52-61.

Sivaramappa, B., Deshpande, S., Kumar, P. V. G., & Nagendra, H. R. (2019). Effect of Anapanasati Meditation on Verbal Aggression: A Randomized Controlled Trial. Complementary Therapies in Clinical Practice, 36, 77-81.

Sugianto. (2018). Pembiasaan Meditasi pada Siswa Sekolah Dasar Berciri Buddhis di Jakarta dan Tangerang. Jurnal Vijjacariya, 5(1), 95-105.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujiva. (1951). Essentials of Insight Meditation Practice: A Pragmatic Approach to Vipassana. Malaysia: Buddhist Wisdom Centre.

Widyadharma, S. (1999). Riwayat Hidup Buddha Gotama. Jakarta: Cetiya Vatthu Daya. Jurnal Vijjacariya, Volume VII (Nomor 1, Tahun 2020).




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v7i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET