Implikasi Psikologi Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan implikasi psikologi perkembangan terhadap pendidikan anak usia dini
adalah dapat memberikan rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai
dengan tahap tumbuh kembang anak usia pra sekolah. Pendidikan anak usia
dini_merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang
menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan
perkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional, bahasa dan komunikasi,
sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak
usia dini. Adapun implikasi psikologi perkembangan terhadap pendidikan
anak usia dini adalah sebagai berikut: (1) terhadap pengembangan kurikulum;
(2) sistem pembelajaran; dan (3) sistem penilaian. Metode yang digunakan
dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif studi
kepustakaan. Diharapkan dengan psikologi perkembangan maka bisa
menjadikan proses pendidikan pada pendidikan anak usia dini dapat
berkembang dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF 33-44References
Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistent Pendidikan Na stone'. Jakarta: Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Dewantara, Ki Hadjar. 1977. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian petunia: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Hidayat, H. Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang; u s taka Mandiri. Imron, Ali. 2013. Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Imron, Ali. 2012. Kebijakan Pendidikan di Indonesia Proses, Produk, dan Depannya. Jakarta: Bumi Aksara. masa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. paud-dikmas.kemdi kbud.go.id/ segment/ 19. htrnl.id.theasianparent.comm. manfaat-anak-sekolah-paud/ 2/ health.detik.com/ read/ 2013/ 05/ 21/182853/ 2252243/1301/ ini -alasan-mengapa-paud-penting-bagi-perkembangan-anakpaud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/ 2012/11/ pen gertian-d an-konsep-dasar-paud.html (Diakses pada 21 November 2016). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Depdiknas. 2007. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Hariwijaya, M. dan Bertiani Eka Sukaca. 2007. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Bandung: IKIP Bandung. Solehuddin, M. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: IKIP Bandung. Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Lentera Media. Sujiono, Yuliana Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks.
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v5i2.371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: