Tantangan Profesi Guru Pendidikan Agama Buddha Di Tangerang

Sugianto Sugianto

Abstract


Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan tantangan profesi guru agama Buddha di Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2018 kepada guru agama Budha di Tangerang. Data dikumpulkan melalui wawancara. Keabsahan data melalui uji kredibilitas, ketergantungan, konfirmabilitas dan transferbilitas. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian tantangan profesi guru agama Buddha di Tangerang adalah terkait penggugah, kualitas siswa, pembentukan karakter, berkurangnya jumlah siswa, dan fasilitas pendidikan. Untuk mengungkap tantangan tersebut, guru akan melakukan pembelajaran yang berkualitas melalui metode pembelajaran kooperatif, penggunaan media pembelajaran kekinian, kesabaran dan kehati-hatian dalam menghadapi siswa, serta memberikan tugas tambahan untuk mengikuti Sekolah Minggu Budha atau kebaktian. 

Keywords


tantangan profesi guru agama Budha

Full Text:

PDF 55-64

References


Danim, Sudarwan dan Khairil. 2013. Profesi Kependidikan. Bandung: Penerbit

Alfabeta.

Fathurrohman, Pupuh dan AA Suryana. 2012. Guru Profesional. Bandung:

Refika Aditama; 1.1

Kusaladhamma. 2009. Illustrated Chronicle of The Buddha. Diterjemahkan oleh 4

Hendra Widjaja. Jakarta: Ehipassiko Foundation.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Penibelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik

Dan Kompetensi Guru

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Ktialitatif

dan R&D. Bandung: Penerbit Alfa Beta.

Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Walshe, Maurice. 2009. The Long Discources of The Buddha A Translation of The

Digha Nikaya (Khotbah-khotbah Panjang Sang Buddha: Digha Nikaya).

Diterjemahkan oleh Team GiH Mangala Publicatioan dan Team

DhammaCitta Press. Tanpa Kota: DhammaCitta




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v5i2.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET