Implementasi Cooperative Learning Model Stad (Student Team Achievement Divisions) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Estetik

Sujiono Sujiono

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan; (1) Implementasi cooperative learning model STAD dalam pembelajaran agama Buddha kelas V pada materi merawat orang sakit; (2) Seberapa efektif cooperative learning model STAD dalam meningkatkan keterampilan menyimak estetik pada materi merawat orang sakit. Tempat penelitian di SDN 3 Getas, Kec. Kaloran, Kab. Temanggung. Waktu penelitian ini Februari s.d Juli 2018. Validitas data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian bahwa Implementasi STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam pembelajaran agama Buddha kelas V Belajar mampu mengkondisikan siswa belajar dengan penuh kebersamaan, menyenangkan, dan semangat. Hal ini mengkondisikan siswa tidak merasa bosan saat belajar. Guru tidak lagi mendominasi jalannya pembelajaran. Motivasi siswa belajar tumbuh dengan baik. Implementasi STAD (Student Team Achievement Divisions) sangat efektif diterapkan pada materi merawat orang sakit. Siswa merasakan lebih mudah menyimak kisah Puttigatissa Thera. Siswa mampu menceritakan kisah Puttigatissa Thera dengan baik

Keywords


Menyimak Estetik, Student Team Achievement Divisions, Pendidikan Agama Buddha

Full Text:

PDF 65-78

References


Agustin, P.P., Kristiantari, M.G.R., dan Putra, DB. Kt. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 8 Sumerta. Jurnal e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4 No.1 Tahun 2016.

Pp.1-10.0nline.

https./ /ejoumal.undiksha.acid/index.icle view 7265 4963uh 17 Februari 20178.

Mardiyanti, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek Menggunakan Media VDC Film Kartun Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pegandekan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke IV Agustus 2015. Pp.1-9. Online.

h : 'ournaLstudentun .acicn&)c. h sd article view 11.4

/1019. Diunduh 17 Februari 2018.

Rahayu, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SD. Jurnal PGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013. pp. 1-9. Online. ejournal.unesa.ac.id. diunduh 17 Februari 2018.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saddono. S., dan Slamet, St. Y., (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa

Indonesia Teori dan Aplikasi. (Edisi 2). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice: Cooperative

Learning Teori, Riset, dan Praktik. (Narulita Yusron. Terjemahan)•

Bandung: Nusa Media.

Tarigan, H.G., (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angkasa.

Tin, D.M. (2009). The Dhammapada Verses and Stories. Diterjemahkan Tim Penerjemah Vidyasena. 1997. Dhammapada Atthakatha Dhammapada. Yogyakarta: VidY asena

Warsono dan Hariyanto. (2014). Pembelajaran. Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v5i2.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET