Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas Viii A Sekolah Menengah Pertama Perguruan Buddhi Di Kota Tangerang

Dede Ruwita, Sugianto Sugianto, Nyoto Nyoto

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan  Agama Buddha siswa kelas  VIII A yang  disebabkan  siswa yang individual dan pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas VIII A. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Buddha dan siswa kelas VIII A sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data tes dan teknik non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa kelas VIII A, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari rata-rata siklus I sebesar 58% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Jigsaw; Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha

Full Text:

PDF 78-87

References


Joeniarni, L., & Mulyoto, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Media Kartu Aksara untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Aksara Jawa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.3646

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Pertiwi, D. H., Karnadi, M. C., & Syamsiyah, N. (2022). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS IX SMP RAUDLATUL ISLAMIYYAH JAKARTA. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6848

Ridwan, H. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Hukum Bacaan Al-Syamsiyah Dan Al-Qamariyah Melalui Penggunaan Model Jigsaw di Kelas VIII SMPN 3 Kota Sukabumi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.197

Rismayanti, N. (2021). Peningkatkan Kemampuan Menulis melalui Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII SMPN Kelapa 2 Kabupaten Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1362

Rochim, A., Suprapti, E., & ... (2019). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Menggunakan Media Butik Pada Materi Segitiga. Journal of The Indonesian ….

Sudrajat, S. (2015). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. JIPSINDO, 1(1). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sugianto. (2019). Tantangan Profesi Guru Pendidikan Agama Buddha Di Tangerang. Jurnal Vijjacariya.

Susanti, L., Sadtyadi, H., & Kustiani, A. T. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 4(2). https://doi.org/10.53565/pssa.v4i2.103




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v10i2.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.